Senin, 24 Juni 2019 | Jakarta, Indonesia

Harga Rumah Global Telah Pulih

Edy Purnomo

Jumat, 17 Mei 2019 - 08:42 WIB

Dahlan RP
Dahlan RP
A A A

Majalahreviewweekly.com - Sejak krisis keuangan global 2008, harga rumah di seluruh dunia telah pulih. Berdasarkan penelitian Dana Moneter Internasional (IMF), pemulihan harga rumah itu terkait erat dengan stabilitas ekonomi dan keuangan suatu negara.

Sejarah menunjukkan, lebih dari setengah krisis perbankan umumnya didahului oleh siklus booming harga rumah. Oleh karena itu, beberapa bank sentral menyatakan kekhawatirannya bila ada tanda-tanda potensi penurunan harga rumah secara signifikan.

Selama 2013-2018, kota Dublin masuk peringkat pertama di kelompok negara maju yang menunjukkan kenaikan harga rumah signifikan, dengan kenaikan mencapai 10% per tahun. Di antara kota-kota di ekonomi pasar berkembang, Shanghai mengalami kenaikan harga rumah hampir 9% per tahun.

Dalam beberapa tahun terakhir, harga rumah di kota-kota besar mengalami kenaikan secara serentak. Kondisi ini meningkatkan kekhawatiran tentang potensi penurunan harga yang besar. Oleh karena itu, IMF memasukkan masalah harga rumah global dalam Laporan Stabilitas Keuangan Global April 2018.

Para ekonom IMF telah mengembangkan alat baru untuk membantu pembuat kebijakan memprediksi peluang atau besaran dari penurunan harga rumah. Mereka  mengidentifikasi lima faktor yang terkait dengan risiko yang lebih besar dari kemerosotan harga rumah.

Lima faktor itu mencakup pertumbuhan ekonomi cepat di negara maju, penilaian harga rumah yang berlebihan, booming kredit, dan kondisi keuangan yang lebih ketat, termasuk suku bunga tinggi.

Untuk mengurangi risiko, pembuat kebijakan perlu menerapkan tindakan makroprudensial secara efektif. Contohnya adalah adanya peraturan yang membatasi jumlah pinjaman rumah atau penyesuaian angsuran rumah dengan pendapatan. Dengan kebijakan yang tepat, ketahanan pasar perumahan akan lebih kuat.

COMMENTS

OTHER NEWS

Business 22 menit yang lalu

Kemenhub Kaji "O Bahn Sebagai Angkutan Massal

Kementerian Perhubungan tengah mengkaji angkutan massal yang merupakan gabungan antara Bus Rapid Transit (BRT) dan Light Rapid Transit (LRT) bernama “O-Bahn”.

Business 2 jam yang lalu

Pemerintah Mulai Prioritaskan Pasokan Batubara untuk Dalam Negeri

Produksi batubara tahun 2018 lalu mencapai 528 juta ton.

Business 7 jam yang lalu

Kemenperin dan Blibli.com Gelar Kompetisi Creativepreneur

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berharap e-Commerce menjadi gerbang bagi pelaku industri kecil dan menengah (IKM) untuk melakukan transformasi.

Money 8 jam yang lalu

Bitcoin Kembali Menembus Puncak

Harga bitcoin terus mencetak posisi tertinggi baru.

Money 24 jam yang lalu

LPS Siapkan Proses Likuidasi BPR Legian

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) akan melakukan pembayaran klaim penjaminan simpanan dan proses likuidasi PT BPR Legian. Langkah itu sebagai tindak lanjut atas keputusan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang…

Business 23/06/2019 11:26 WIB

Bank Dunia Pinjami USD150 Juta untuk Rekonstruksi Sulteng

Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia menyetujui pinjaman USD150 juta untuk membiayai rekonstruksi maupun penguatan perumahan dan fasilitas umum yang terkena dampak tsunami dan gempa bumi di Sulawesi Tengah.

Business 22/06/2019 08:36 WIB

Indonesia-Italia Optimalkan Kerja Sama Industri

Indonesia dan Italia akan mengoptimalkan kerja sama di bidang industri yang mendominasi perdagangan antarkedua.

Money 21/06/2019 18:59 WIB

Mudah-mudahan AS Tak Menyerang Iran

Efek sikap dovish The Fed masih akan terasa pekan depan. Karena itu, diduga rupiah akan menguat. Sedangkan pasar saham masih terancam panas dingin.

Business 21/06/2019 16:36 WIB

Seksi 1-3 Tol KLBM Citarget Beroperasi Akhir 2019

Pembangunan konstruksi jalan Tol Krian – Legundi – Bunder – Manyar (KLBM) di Provinsi Jawa Timur sepanjang 38,29 Km hingga Mei 2019 telah mencapai 70,24%.

Business 21/06/2019 15:35 WIB

Kementerian ESDM: Isu Kenaikan Tarif Tenaga Listrik Tak Benar

Kementerian ESDM menegaskan tidak ada kenaikan Tarif Tenaga Listrik (TTL), seperti yang beredar di media sosial akhir minggu ini.