Selasa, 23 Juli 2019 | Jakarta, Indonesia

Pasokan BBM Jalur Mudik Lintas Jawa Dipastikan Aman

Ria Martati

Jumat, 17 Mei 2019 - 10:45 WIB

Dok. Review
Dok. Review
A A A

Majalahreviewweekly.com - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Badan Penyalur Hilir Minyak dan Gas Bumi dan PT Pertamina (Persero) melakukan pemantauan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk mendukung arus mudik Idul Fitri Tahun 2019.

Peninjauan dilakukan langsung oleh Anggota Komite BPH Migas Saryono Hadiwidjojo, Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Muhammad Rizwi Jilanisaf Hisjam bersama Direktur Bahan Bakar Minyak pada Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Patuan Alfon Simanjuntak, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi dan Masud Khamid Direktur Pemasaran Retail PT. Pertamina Kamis (16/5).

Pemantauan dilakukan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang berada di rute Jakarta - Semarang, yaitu di SPBU Regular No. 34.413.40 Rest Area Km 57 - Cikampek, SPBU Regular No. 34.451.60 Rest Area Km 207 - Cirebon, SPBU Modular Kompak Rest Area Km 252 - Brebes dan SPBU Rest Area Km 379A - Batang. Berdasarkan pemantauan, untuk SPBU di Km 57, Km 207 dan 252 sudah siap beroperasi melayani masyarakat. Lalu untuk SPBU di Km 379 A masih dalam tahap penyelesaian pembangunan yang direncanakan dapat beroperasi pada 24 Mei (H-12) mendatang.

"Ya tadi kan sudah kita saksikan SPBU sepanjang jalur mudik lintas Jawa, terutama dari Jakarta - Semarang ini bisa dikatakan Pertamina telah siap," ujar Saryono, Kamis (16/5).

Kesiapan sektor ESDM menjelang Hari Raya Idul Fitri, atau secara khusus dalam ketersedian BBM dilakukan agar masyarakat yang akan melaksanakan mudik dan arus balik nantinya dapat berjalan dengan lancar, aman dan nyaman. Untuk itu, Saryono menghimbau agar Pertamina berkoordinasi dengan pihak terkait agar memberi prioritas pada angkutan BBM dan gas elpiji.

Untuk mengantisipasi tingginya animo masyarakat yang memilih jalur tol untuk mudik, PT Pertamina telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memantau kebutuhan di jalan tol.

Masud Khamid menyampaikan, Pertamina akan memasok kebutuhan BBM dalam Tol sesuai rekomendasi dari Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, POLRI dan instansi-instansi lainnya yang punya kepentingan dengan arus mudik termasuk dari pengelola jalan tol.

Selain itu, Pertamina juga telah menyiapkan menyiapkan beberapa fasilitas pendukung seperti 200 motorist (motor pengantar BBM), mobile storage atau kantong BBM, dan kiosK Pertamax.

COMMENTS

OTHER NEWS

Business 19 jam yang lalu

Pertamina Libatkan Tim Asal AS Tangani Kebocoran Sumur Migas

Pertamina melibatkan berbagai pihak yang kredibel, kompeten dan berpengalaman dalam menangani munculnya gelembung gas di sumur migas lepas Pantai YYA-1 area Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java…

Business 20 jam yang lalu

Pemerintah Akan Lelang 7 Ruas Jalan Tol Senilai Rp151,13 Triliun

Kementerian PUPR akan melanjutkan pembangunan jalan tol dengan mendorong pendanaan dari investasi sektor swasta melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Pembangunan jalan tol diperlukan…

Business 23 jam yang lalu

Pegatron Mulai Operasikan Pabriknya di Batam

Pegatron telah menambah investasi sebesar USD40 juta untuk membangun pabrik di Batam.

Business 24 jam yang lalu

Runway 3 Bandara Soetta Siap Beroperasi Pertengahan Agustus

Secara teknis Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) siap beroperasi pada pertengahan Agustus 2019.

Business 22/07/2019 08:18 WIB

OJK Gelar Pertemuan Bilateral dengan Bank of Thailand

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengadakan pertemuan bilateral dengan Bank of Thailand (BoT) di Bangkok, Jumat (19/7) dalam rangka penguatan kerja sama peran sektor jasa keuangan di kedua negara.

Business 21/07/2019 11:03 WIB

OJK Terus Pantau Upaya Mitigasi Bank Mandiri

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memonitor upaya mitigasi yang dilakukan oleh Bank Mandiri dalam mengatasi permasalahan teknologi informasi bank tersebut.

Business 20/07/2019 11:43 WIB

RUU Minerba Masuki Tahap Sinkronisasi

Pemerintah melanjutkan pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) tentang perubahan atas Undang-Undang (UU) Tahun 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba).

Business 20/07/2019 11:00 WIB

Bank Mandiri Jamin Uang Nasabah Aman

Bank Mandiri menjamin simpanan nasabah di bank itu aman. Bank pelat merah itu pun menyampaikan permohonan maaf terhadap ketidaknyamanan yang dialami nasabah terkait dengan perubahan saldo rekening. 

Business 20/07/2019 10:03 WIB

Compal Group Siap Investasi di Indonesia

Compal Group siap menggelontorkan dananya di Indonesia. Produsen elektronik yang akan masuk ke Indonesia itu  adalah salah satu produsen produk Apple seperti iPad dan iWatch.

Business 20/07/2019 09:27 WIB

Indonesia-China Bahas Hambatan Perdagangan

Indonesia dan China membahas hambatan perdagangan kedua negara. Pemerintah Indonesia mengharapkan China agar memberi kemudahan atas ekspor sarang burung walet, buah-buahan tropis seperti nanas, buah…