Sabtu, 16 November 2019 | Jakarta, Indonesia

Ritual Konsumsi

Bambang Aji Setiady

Selasa, 28 Mei 2019 - 08:19 WIB

Dahlan RP
Dahlan RP
A A A

Majalahreviewweekly.com - Hakikatnya, puasa merupakan bagian dari ritual keagamaan. Hampir semua agama dan keyakinan mempunyai ritual puasa, tentu saja dengan versinya masing-masing. Tetapi hampir dapat dipastikan, nuansanya merefleksikan keprihatinan, cobaan, dan ujian mental. Karena itu itu, puasa direfleksikan dalam bentuk menekan konsumsi.

Sejatinya, setiap ritual memiliki sarana, apalagi jika di sandingkan dengan perayaan. Natal butuh lilin, pohon cemara, kue, tukar kado. Begitu pun Waisak dan Galungan. Sementara itu puasa disandingkan dengan perayaan Idul Fitri, yang berasimilasi dengan kebiasaan setempat (misalnya tradisi sungkeman) melahirkan tradisi pulang kampung alias mudik.

Namun, mudik juga telah melebar menjadi ajang aktualisasi diri untuk menunjukkan kesuksesan. Nah, simbol status inilah yang memicu ritual konsumsi. Kebetulan, menjelang lebaran, pendapatan para pekerja meningkat berlipat ganda karena memperoleh tunjangan hari raya keagamaan (THR). Maka tak heran bila penjualan mobil, emas, dan barang-barang konsumsi naik pesat menjelang lebaran.

Para pedagang biasanya cukup jeli memanfaatkan ritual keagamaan dan tradisi ini. Tengok saja Festival Jakarta Great Sales (FJGS) ke-11 yang digelar dari tanggal 25 Mei - 23 Juni 2019. Dengan melibatkan 82 mal, 4 hotel, dan 34 pasar milik Pasar Jaya, para pedagang memanfaatkan momen ritual keagamaan dan tradisi ini untuk menggejot penjualan. Dengan iming-iming diskon 50% hingga 70%, mereka menargetkan bisa meraih pendapatan Rp 9,5 triliun dari shopaholic alias para penggila belanja.

Dipilihnya momentum ritual keagamaan dan budaya untuk menggenjot penjualan memang sangat pas. Maklum, orang Indonesia berani berkorban secara materi untuk menunjukkan aktualisasi dirinya. Bahkan, rela ngutang kiri kanan hanya untuk membeli simbol status. Mereka rela berkorban apa saja agar dinilai sukses oleh orang sekampung.

Ya, rupanya ritual keagamaan telah berubah. Ritual puasa yang seharusnya menjadi penyeimbang terhadap aktivitas memburu duniawi, kini telah berubah wujud menjadi ritual konsumsi. Makanya jangan heran pula bila menjelang Idul Fitri tiba, mesjid-mesjid yang menggelar ritual shalat tarawih mulai ompong ditinggalkan jemaahnya karena mereka melakukan ritual konsumsi di pusat-pusat perbelanjaan atau hotel yang menawarkan diskon besar.

COMMENTS

OTHER NEWS

Business 29/07/2019 09:50 WIB

Ban Vulkanisir Akan Terkena Wajib SNI

Kementerian Perindustrian sedang menyusun aturan mengenai standar proses produksi yang baik atau good manufacturing practice (GMP) untuk produk ban vulkanisir.

Business 26/07/2019 09:33 WIB

Indonesia dan Uni Emirat Arab Sepakat Kembangkan Sektor Industri

Pemerintah Republik Indonesia (RI) dan Uni Emirat Arab (UEA) memperkuat kerja sama dalam upaya pengembangan sektor industri. Langkah sinergi ini diharapkan dapat menguntungkan kedua belah pihak guna mendorong…

Business 25/07/2019 16:46 WIB

Pemerintah Targetkan 293.533 Sambungan Jaringan Gas Untuk Rumah Tangga

Pemerintah targetkan 293.533 sambungan jaringan gas untuk rumah di 54 kabupaten/kota pada 2020. Pemerintah menganggarkan Rp3,2 triliun untuk mempercepat pembangunan infrastruktur jaringan distribusi gas…

Business 25/07/2019 14:29 WIB

Wapres Minta Pemda Jaga Inflasi

Ia menekankan bahwa Pemerintah bersama Bank Indonesia akan konsisten melanjutkan upaya pengendalian inflasi guna menjaga daya beli masyarakat dan mendukung keberlanjutan pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Business 25/07/2019 12:01 WIB

Pertamina Jajaki Kerja Sama Bisnis Migas dengan ADNOC

Pertamina dan The Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC) pada Rabu (24/7) menandatangani Comprehensive Strategic Framework (CSF) untuk menjajaki peluang kerja sama di seluruh mata rantai bisnis minyak…

Business 25/07/2019 11:15 WIB

Pemerintah Akan Berikan Insentif Untuk Kendaraan Listrik

Pemerintah akan memberikan sejumlah insentif kepada para pelaku industri otomotif. Salah satunya adalah menyediakan insentif fiskal untuk pengembangan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Business 25/07/2019 10:34 WIB

Pemerintah Pantau Wabah Gugur Daun Karet

Pemerintah terus memantau mengenai mewabahnya penyakit gugur daun karet yang disebabkan oleh cendawan Pestalotiopsis sp.

Global 25/07/2019 09:41 WIB

Facebook Didenda USD 5 Miliar

Facebook Inc. setuju untuk membayar denda USD5 miliar terkait pelanggaran privasi para penggunanya.

Global 25/07/2019 09:10 WIB

Alibaba Rangkul Pebisnis AS

Di tengah sengketa perdagangan yang sedang berlangsung antara Amerika Serikat dan China, Alibaba.com justru memulai program yang dapat membantu bisnis kecil dan menengah AS (UKM) menjadi besar.

Global 25/07/2019 08:55 WIB

China Arahkan Kebijakan Fiskal yang Proaktif untuk Jaga Pertumbuhan

Untuk mendorong investasi dan memacu konsumsi, Pemerintah China sepanjang tahun ini akan memangkas pajak dan mengurangi biaya-biaya sebesar 2 triliun yuan. Hingga Juni 2019, realisasinya telah mencapai…