Senin, 22 Juli 2019 | Jakarta, Indonesia

Uang Bukan Penentu Kesejahteraan

Edy Purnomo

Selasa, 11 Juni 2019 - 10:32 WIB

Rupiah
Rupiah
A A A

Majalahreviewweekly.com - Uang bukanlah segala-galanya. Berdasarkan penelitian, ada faktor-faktor non-material yang menentukan kesejahteraan seseorang. Faktor non-material itu antara lain dukungan sosial, kebebasan, dan keadilan. Hal itu terungkap pada survei kesejahteraan global selama dekade terakhir. Survei itu memproyeksikan tingkat potensi kebahagiaan dunia pada 2050.

Hasil survei menunjukkan bahwa, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam beberapa dekade mendatang, pembuat kebijakan hendaknya tidak hanya memperhitungkan masalah ekonomi yang sempit. Pembuat kebijakan harus juga memprioritaskan faktor non-material saat membuat keputusan besar.

"Kebijakan jangka panjang yang terlalu terfokus pada pertumbuhan ekonomi akan memiliki efek terbatas pada kesejahteraan," kata Christopher Barrington-Leigh, seorang profesor di Institut Kebijakan Kesehatan dan Sosial dan Sekolah Lingkungan di Universitas McGill, seperti dilansir World Economic Forum, Senin (10/6/3019).

Jika kesejahteraan manusia adalah tujuan utama pemerintah, sumber daya mereka akan lebih bijaksana dibelanjakan berdasarkan pada apa yang paling penting bagi pengalaman manusia. Para peneliti merancang model statistik yang menggabungkan dua set tindakan. Pertama, indikator material objektif, termasuk PDB per kapita dan harapan hidup.

Kedua, indikator sosial, sebagaimana diukur dalam Pollup Dunia Gallup tahunan beberapa tahun terakhir, termasuk kebebasan untuk memilih apa yang harus dilakukan dengan kehidupan seseorang, persepsi tingkat pemerintahan dan korupsi bisnis, prevalensi donasi, dan ketersediaan dukungan sosial informal.

Data survei global menunjukkan bahwa, pada skala nol hingga 10, rata-rata responden menilai kesejahteraan mereka sendiri di 5,24 pada 2016.

COMMENTS

OTHER NEWS

Business 13 jam yang lalu

Runway 3 Bandara Soetta Siap Beroperasi Pertengahan Agustus

Secara teknis Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) siap beroperasi pada pertengahan Agustus 2019.

Business 14 jam yang lalu

OJK Gelar Pertemuan Bilateral dengan Bank of Thailand

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengadakan pertemuan bilateral dengan Bank of Thailand (BoT) di Bangkok, Jumat (19/7) dalam rangka penguatan kerja sama peran sektor jasa keuangan di kedua negara.

Business 21/07/2019 11:03 WIB

OJK Terus Pantau Upaya Mitigasi Bank Mandiri

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memonitor upaya mitigasi yang dilakukan oleh Bank Mandiri dalam mengatasi permasalahan teknologi informasi bank tersebut.

Business 20/07/2019 11:43 WIB

RUU Minerba Masuki Tahap Sinkronisasi

Pemerintah melanjutkan pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) tentang perubahan atas Undang-Undang (UU) Tahun 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba).

Business 20/07/2019 11:00 WIB

Bank Mandiri Jamin Uang Nasabah Aman

Bank Mandiri menjamin simpanan nasabah di bank itu aman. Bank pelat merah itu pun menyampaikan permohonan maaf terhadap ketidaknyamanan yang dialami nasabah terkait dengan perubahan saldo rekening. 

Business 20/07/2019 10:03 WIB

Compal Group Siap Investasi di Indonesia

Compal Group siap menggelontorkan dananya di Indonesia. Produsen elektronik yang akan masuk ke Indonesia itu  adalah salah satu produsen produk Apple seperti iPad dan iWatch.

Business 20/07/2019 09:27 WIB

Indonesia-China Bahas Hambatan Perdagangan

Indonesia dan China membahas hambatan perdagangan kedua negara. Pemerintah Indonesia mengharapkan China agar memberi kemudahan atas ekspor sarang burung walet, buah-buahan tropis seperti nanas, buah…

Money 19/07/2019 19:42 WIB

Ditopang Isu Penurunan Bunga The Fed

Rupiah dan indeks menguat setelah Presiden The Fed New York menyatakan bank sentral AS akan mengkas bunganya 25 bps. Penguatan ini akan berlanjut pekan depan.

Business 19/07/2019 18:35 WIB

Kepatuhan Aturan ULN Meningkat

Tingkat kepatuhan korporasi terhadap pemenuhan kegiatan penerapan prinsip kehati-hatian (KPPK) terus meningkat.

Money 19/07/2019 16:04 WIB

Lampung Jadi Salah Satu Penopang Bisnis Akseleran

Tahun ini fintech P2P Akseleran menargetkan penyaluran pinjaman sebesar Rp1 triliun kepada 2.000 pinjaman dan meraih sekitar 200 ribu lender dari Aceh hingga Papua