Selasa, 23 Juli 2019 | Jakarta, Indonesia

Menkeu Optimis Perang Dagang Dorong Investasi ke Indonesia

Ria Martati

Kamis, 27 Juni 2019 - 15:45 WIB

Menteri Keuangan Sri Mulyani. Ilustrasi oleh Areview Design
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Ilustrasi oleh Areview Design
A A A

Majalahreviewweekly.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati optimistis bahwa perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China juga berdampak dalam mengalirkan investasi ke Indonesia. Indonesia menurutnya memiliki segala yang kondisi yang diperlukan untuk menjadi tempat investasi. Kondisi tersebut antara lain infrastruktur, simplifikasi peraturan, ease of doing bisnis yang meningkat serta Indonesia juga merupakan pasar yang besar. 

Hal itu disampaikannya dalam wawancara dengan TV Bloomberg yang dibawakan oleh Tom Keene and Nejra Cehic saat Menkeu menghadiri Bloomberg Emerging & Frontier Forum di London pada Selasa (25/06). 

"Indonesia juga merupakan pasar yang besar. Jadi, kita memiliki kondisi yang menarik di dalam perekonomian kita sendiri, stabilitas makro juga kebijakan yang prudent yang telah diterapkan terus-menerus di Indonesia, juga reputasi kemudahan tempat berbisnis dan iklim ivestasi di Indonesia. Kita juga secara agresif mengkomunikasikan kebijakan ini," paparnya seperti dikutip laman resmi Kementerian Keuangan, Kamis (27/6).

Ia percaya, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2019 ini masih dapat tumbuh di kisaran 5,3% dari dampak global perang dagang ini. Namun, dengan berbagai risiko yang harus dihadapi seperti menurunnya ekspor, impor dan harga komoditi, Indonesia menargetkan pertumbuhan yang lebih moderat di kisaran 5,17% hingga 5,2%.

"Kita masih menargetkan pertumbuhan 5,3%. Pada kuarter pertama kita tumbuh 5,07% yang disumbangkan dari kombinasi dampak seasonal dan mendekati Pemilu di bulan April. Kita melihat dampak perang dagang dan pelemahan global pada ekspor yang negatif, jadi ada kontraksi ekspor di kuarter pertama. Hal itu menciptakan dinamika pada sisi impor yang juga menurun seperti juga harga komoditi. Risiko ini yang membuat proyeksi pertumbuhan Indonesia tahun ini menjadi 5,17% hingga 5,2%," ujarnya.

               

COMMENTS

OTHER NEWS

Global 37 menit yang lalu

Langgar Data Penduduk, Equifax Didenda USD700 Juta

Di Amerika Serikat, lembaga kredit Equifax harus membayar sedikitnya USD650 juta hingga USD700 juta karena mengekspose data kependudukan dari 148 juta orang.

Business 20 jam yang lalu

Pertamina Libatkan Tim Asal AS Tangani Kebocoran Sumur Migas

Pertamina melibatkan berbagai pihak yang kredibel, kompeten dan berpengalaman dalam menangani munculnya gelembung gas di sumur migas lepas Pantai YYA-1 area Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java…

Business 20 jam yang lalu

Pemerintah Akan Lelang 7 Ruas Jalan Tol Senilai Rp151,13 Triliun

Kementerian PUPR akan melanjutkan pembangunan jalan tol dengan mendorong pendanaan dari investasi sektor swasta melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Pembangunan jalan tol diperlukan…

Business 24 jam yang lalu

Pegatron Mulai Operasikan Pabriknya di Batam

Pegatron telah menambah investasi sebesar USD40 juta untuk membangun pabrik di Batam.

Business 24 jam yang lalu

Runway 3 Bandara Soetta Siap Beroperasi Pertengahan Agustus

Secara teknis Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) siap beroperasi pada pertengahan Agustus 2019.

Business 22/07/2019 08:18 WIB

OJK Gelar Pertemuan Bilateral dengan Bank of Thailand

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengadakan pertemuan bilateral dengan Bank of Thailand (BoT) di Bangkok, Jumat (19/7) dalam rangka penguatan kerja sama peran sektor jasa keuangan di kedua negara.

Business 21/07/2019 11:03 WIB

OJK Terus Pantau Upaya Mitigasi Bank Mandiri

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memonitor upaya mitigasi yang dilakukan oleh Bank Mandiri dalam mengatasi permasalahan teknologi informasi bank tersebut.

Business 20/07/2019 11:43 WIB

RUU Minerba Masuki Tahap Sinkronisasi

Pemerintah melanjutkan pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) tentang perubahan atas Undang-Undang (UU) Tahun 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba).

Business 20/07/2019 11:00 WIB

Bank Mandiri Jamin Uang Nasabah Aman

Bank Mandiri menjamin simpanan nasabah di bank itu aman. Bank pelat merah itu pun menyampaikan permohonan maaf terhadap ketidaknyamanan yang dialami nasabah terkait dengan perubahan saldo rekening. 

Business 20/07/2019 10:03 WIB

Compal Group Siap Investasi di Indonesia

Compal Group siap menggelontorkan dananya di Indonesia. Produsen elektronik yang akan masuk ke Indonesia itu  adalah salah satu produsen produk Apple seperti iPad dan iWatch.