Senin, 22 Juli 2019 | Jakarta, Indonesia

Mitsubishi Investasi ke Go-Jek

Edy Purnomo

Selasa, 09 Juli 2019 - 08:46 WIB

Dahlan RP
Dahlan RP
A A A

Majalahreviewweekly.com - Go-Jek, Senin (8/7/2019), mengumumkan, perusahaan rintisan itu menerima investasi dari tiga perusahaan di bawah grup Mitsubishi Jepang. Suntikan dana itu akan menjadi amunisi dalam pertempuran dengan Grab yang berbasis di Singapura untuk mendominasi di pasar Asia Tenggara.

Nikkei Asian Review melaporkan, harga saham-saham perusahaan sejenis di AS, Uber Technologies dan Lyft, mungkin telah jatuh saat pencatatan saham baru-baru ini. Meski begitu, Asia Tenggara masih tetap merupakan investasi yang menarik bagi perusahaan-perusahaan global. Sebab, mereka bertujuan untuk memasuki ekonomi berbasis web yang tumbuh di kawasan itu.

Mitsubishi Motors, Mitsubishi Corp, dan Mitsubishi UFJ Lease & Finance semuanya telah mengambil bagian dalam startup Indonesia. Namun, mereka tidak mengungkapkan nilainya.

Pada Februari 2019, Mitsubishi Corp telah berinvestasi di Go-Jek. Perusahaan itu berinvestasi bersama dengan pemegang saham yang ada Google, Tencent Holdings dan JD.com. Investasi itu mendorong nilai Go-Jek mendekati USD10 miliar.

Merek Mitsubishi Motors dan Mitsubishi Corp  ukup kuat di Asia Tenggara. Di sisi lain, Go-Jjmek memiliki apotensi bisnis yang unik dan beragam. "Kami memperkirakan penciptaan sinergi dan inovasi besar yang akan mendorong pertumbuhan ketiganya, "kata Ketua Mitsubishi Motors Osamu Masuko.

Dia melihat cepatnya penyebaran  layanan mobilitas baru. Hal itu menjadi  peluang untuk memasuki pasar yang akan berkontribusi pada pertumbuhan Asia Tenggara. Debut Uber dan Lyft di bursa saham  pada Maret 2019 dan Mei 2019 tidak menggembirakan. Meski begitu, investor tampaknya percaya Go-Jek dan Grab dapat melawan tren.

Keduanya dengan cepat berevolusi menjadi aplikasi super yang menawarkan berbagai layanan di platform mereka. Hal itu memberi mereka  pendapatan lebih banyak.

Mereka juga berada di posisi yang tepat untuk menangkap ekonomi internet Asia Tenggara yang tumbuh cepat. Pada 2025, bisnis internet di kawasan ini ditaksir bakal mencapai USD 240 miliar, melonjak dibanding 2018 sekitar USD72 miliar.

COMMENTS

OTHER NEWS

Business 13 jam yang lalu

Runway 3 Bandara Soetta Siap Beroperasi Pertengahan Agustus

Secara teknis Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) siap beroperasi pada pertengahan Agustus 2019.

Business 15 jam yang lalu

OJK Gelar Pertemuan Bilateral dengan Bank of Thailand

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengadakan pertemuan bilateral dengan Bank of Thailand (BoT) di Bangkok, Jumat (19/7) dalam rangka penguatan kerja sama peran sektor jasa keuangan di kedua negara.

Business 21/07/2019 11:03 WIB

OJK Terus Pantau Upaya Mitigasi Bank Mandiri

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memonitor upaya mitigasi yang dilakukan oleh Bank Mandiri dalam mengatasi permasalahan teknologi informasi bank tersebut.

Business 20/07/2019 11:43 WIB

RUU Minerba Masuki Tahap Sinkronisasi

Pemerintah melanjutkan pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) tentang perubahan atas Undang-Undang (UU) Tahun 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba).

Business 20/07/2019 11:00 WIB

Bank Mandiri Jamin Uang Nasabah Aman

Bank Mandiri menjamin simpanan nasabah di bank itu aman. Bank pelat merah itu pun menyampaikan permohonan maaf terhadap ketidaknyamanan yang dialami nasabah terkait dengan perubahan saldo rekening. 

Business 20/07/2019 10:03 WIB

Compal Group Siap Investasi di Indonesia

Compal Group siap menggelontorkan dananya di Indonesia. Produsen elektronik yang akan masuk ke Indonesia itu  adalah salah satu produsen produk Apple seperti iPad dan iWatch.

Business 20/07/2019 09:27 WIB

Indonesia-China Bahas Hambatan Perdagangan

Indonesia dan China membahas hambatan perdagangan kedua negara. Pemerintah Indonesia mengharapkan China agar memberi kemudahan atas ekspor sarang burung walet, buah-buahan tropis seperti nanas, buah…

Money 19/07/2019 19:42 WIB

Ditopang Isu Penurunan Bunga The Fed

Rupiah dan indeks menguat setelah Presiden The Fed New York menyatakan bank sentral AS akan mengkas bunganya 25 bps. Penguatan ini akan berlanjut pekan depan.

Business 19/07/2019 18:35 WIB

Kepatuhan Aturan ULN Meningkat

Tingkat kepatuhan korporasi terhadap pemenuhan kegiatan penerapan prinsip kehati-hatian (KPPK) terus meningkat.

Money 19/07/2019 16:04 WIB

Lampung Jadi Salah Satu Penopang Bisnis Akseleran

Tahun ini fintech P2P Akseleran menargetkan penyaluran pinjaman sebesar Rp1 triliun kepada 2.000 pinjaman dan meraih sekitar 200 ribu lender dari Aceh hingga Papua