Minggu, 20 Oktober 2019 | Jakarta, Indonesia

Huawei Siap Tambah Investasi USD436 Juta

Edy Purnomo

Rabu, 24 Juli 2019 - 14:13 WIB

Kantor Huawei. Sumber: Istimewa
Kantor Huawei. Sumber: Istimewa
A A A

Majalahreviewweekly.com - Huawei Technologies Co Ltd  berencana untuk berinvestasi tiga miliar yuan (USD 436 juta) selama lima tahun ke depan. Dana sebesar itu untuk membangun ekosistem chip server berbasis ARM seiring dengan langkah perusahaan China itu untuk mengembangkan kapasitasnya di bidang semi konduktor.

Xu Zhijun, the rotating chairman of Huawei, seperti dikutip China Daily, Rabu (24/7/2019), mengatakan, investasi itu akan digunakan untuk mendukung infrastruktur teknologi informasi (TI) terdepan dan mendorong aplikasi berdasarkan prosesor Kunpeng bagi semua industri dengan menggandeng berbagai mitra.

Unit pemrosesan sentral berbasis ARM Huawei, yang disebut Kunpeng 920, diresmikan pada Januari 2019. Kunpeng dirancang untuk memenuhi permintaan terhadap kemampuan komputasi yang lebih besar yang hemat energi. Langkah itu merupakan salah satu upaya Huawei untuk membangun chip server berdasarkan arsitektur ARM sebagai pusat data. Selama ini, pasar didominasi oleh prosesor berbasis x86 dari Intel. Arsitektur ARM dikembangkan oleh perusahaan Inggris Arm Holdings dan merupakan desain chip yang biasa digunakan dalam smartphone dan tablet.

Xu mengatakan, Huawei akan fokus pada pengembangan seri chip Kunpeng berkinerja tinggi dan menawarkan cloud berkualitas tinggi dengan kecerdasan buatan berdasarkan chip tersebut.

Sejauh ini, operator telekomunikasi top dunia dan vendor smartphone terbesar kedua telah membangun komunitas online. Dalam hal ini, sistem operasi open-source dan alat-alat lain tersedia untuk membantu pengembang perangkat lunak dengan cepat mengembangkan aplikasi yang kompatibel dengan server yang didukung oleh seri chip Kunpeng-nya.

Menurut Huawei, chipnya tidak akan dijual sebagai produk yang berdiri sendiri. Sebagai gantinya, ia hanya akan menjual server yang ditenagai oleh CPU internal.  Perusahaan yang berbasis di Shenzhen itu mengatakan servernya dapat digunakan untuk data besar, penyimpanan terdistribusi, dan aplikasi asli ARM.

Huawei juga mengatakan, efisiensi daya Kunpeng 920 adalah 30% lebih baik daripada produk sejenis dari produsen lain sekaligus dapat mengurangi biaya energi.

Danny Mu, seorang analis di perusahaan riset pasar Forrester, mengatakan chip berbasis ARM adalah untuk bisnis khusus yang dapat berfungsi sebagai pelengkap untuk perusahaan komputasi Huawei.

"Huawei bergerak ke arah yang benar dengan meningkatkan upaya untuk menumbuhkan ekosistem berbasis ARM, termasuk perangkat lunak dan aplikasi," tambah Mu. Huawei telah menjual lebih dari 900.000 server di seluruh dunia pada 2018. Dalam enam tahun terakhir 3,56 juta unit.

COMMENTS

OTHER NEWS

Business 29/07/2019 09:50 WIB

Ban Vulkanisir Akan Terkena Wajib SNI

Kementerian Perindustrian sedang menyusun aturan mengenai standar proses produksi yang baik atau good manufacturing practice (GMP) untuk produk ban vulkanisir.

Business 26/07/2019 09:33 WIB

Indonesia dan Uni Emirat Arab Sepakat Kembangkan Sektor Industri

Pemerintah Republik Indonesia (RI) dan Uni Emirat Arab (UEA) memperkuat kerja sama dalam upaya pengembangan sektor industri. Langkah sinergi ini diharapkan dapat menguntungkan kedua belah pihak guna mendorong…

Business 25/07/2019 16:46 WIB

Pemerintah Targetkan 293.533 Sambungan Jaringan Gas Untuk Rumah Tangga

Pemerintah targetkan 293.533 sambungan jaringan gas untuk rumah di 54 kabupaten/kota pada 2020. Pemerintah menganggarkan Rp3,2 triliun untuk mempercepat pembangunan infrastruktur jaringan distribusi gas…

Business 25/07/2019 14:29 WIB

Wapres Minta Pemda Jaga Inflasi

Ia menekankan bahwa Pemerintah bersama Bank Indonesia akan konsisten melanjutkan upaya pengendalian inflasi guna menjaga daya beli masyarakat dan mendukung keberlanjutan pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Business 25/07/2019 12:01 WIB

Pertamina Jajaki Kerja Sama Bisnis Migas dengan ADNOC

Pertamina dan The Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC) pada Rabu (24/7) menandatangani Comprehensive Strategic Framework (CSF) untuk menjajaki peluang kerja sama di seluruh mata rantai bisnis minyak…

Business 25/07/2019 11:15 WIB

Pemerintah Akan Berikan Insentif Untuk Kendaraan Listrik

Pemerintah akan memberikan sejumlah insentif kepada para pelaku industri otomotif. Salah satunya adalah menyediakan insentif fiskal untuk pengembangan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Business 25/07/2019 10:34 WIB

Pemerintah Pantau Wabah Gugur Daun Karet

Pemerintah terus memantau mengenai mewabahnya penyakit gugur daun karet yang disebabkan oleh cendawan Pestalotiopsis sp.

Money 24/07/2019 17:02 WIB

Penantian Yang Masih Panjang

Modal asing diperkirakan akan terus ke luar dari BEI sampai rapat FOMC usai. Makanya, indeks dan rupiah kemungkinan baru akan menguat pekan depan.

Business 24/07/2019 15:17 WIB

Mendag Resmikan ITPC Shanghai

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meresmikan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Shanghai yang merupakan pusat promosi Indonesia pertama di China, Senin (22/7/2019).

Money 24/07/2019 14:45 WIB

Semester I, Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Terjaga

Hasil Rapat Dewan Komisioner (RDK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bulan Juli menyatakan stabilitas sektor jasa keuangan pada semester I-2019 dalam kondisi terjaga, sejalan dengan kinerja intermediasi sektor…