Kamis, 14 Desember 2017

IHSG Bergerak Aneh

Dok. Review

IHSG Bergerak Aneh

Oleh: Nikita Jagad - Selasa 24 Oktober 2017 | 20:45 WIB

Benarkah aksi jual oleh investor asing sudah tak besar pengaruhnya terhadap IHSG?

Apalagi sebutan yang pas, kecuali “aneh”. Ya, beberapa waktu terakhir ini Indeks Harga Saham Gabungan alias IHSG, memang, kerap memperlihatkan perilaku yang tak biasanya. Ia terus menguat kendati asing mencatatkan penjualan bersih (net sell). Seperti yang terjadi Selasa (20/10). IHSG kembali mencatatkan rekor tertinggi (5.952), Padahal  asing masih mencatatkan penjualan bersih Rp 76,16 miliar. Berarti, secara year to date, asing sudah mencatatkan net sell sebesar Rp 18,32 triliun.

Aneh bukan? Asing menjual kok indeks malah menguat. Tapi, menurut  Robertus Yanuar, Head of Research Reliance Securities,i investor asing yang banyak melakukan aksi jual bersih tidak bisa dijadikan indikator baik atau buruknya sebuah pasar. “Kekuatan jual atau beli investor asing maupun domestik saat ini sudah berimbang,” ujarnya.

Benarkah demikian adanya? Entahlah. Dan sampai kapan (kalau benar) kekuatan investor lokal bisa bertahan dalam kondisi ini. Namun, sejumlah analis memprediksi, biasanya setelah mencapai rekor tertinggi indeks—sementara—akan melemah karena aksi ambil untung. “Setelah itu akan menguat kembali,”kata seorang pelaku pasar. Bahkan ia memperkirakanad kemungkinan indeks  berpotensi menyentuh angka 6.000 di pekan ini.

Ada sejumlah sentimen positif yang dinilai bakal menggerakkan pasar, antara lain data inflasi yang masih di bawah 4%, serta optimisme pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4% tahun 2017.

Apalagi dengan adanya laporan keuangan emiten kuartal III yang menunjukkan performa cukup positif.

Akankah ramalan itu terjadi? Mudah-mudahan saja.

 

Komentar

Artikel Lainnya
Senin 26 September 2016 | 12:39 WIB
Beban Berat Ekonomi Kita

Perekonomian nasional diganduli beban yang sangat berat. Bila tak lihai mengelola anggaran, negeri ini bisa terpuruk.

Senin 22 Agustus 2016 | 00:23 WIB
Hati-Hati, Waktunya Koreksi

Rencana The Fed untuk menaikkan suku bunga kembali mengancam. Indikator teknikal indeks juga negatif.

Senin 05 September 2016 | 20:53 WIB
Jangan Alergi Terhadap BPR

Siapa pun yang ingin membuat uangnya berbiak pesat, pasti tak akan memilih deposito. Sekarang ini saja, beberapa bank sudah…

Senin 28 Maret 2016 | 21:31 WIB
Menanti Lagi Korban Dwelling Time

Presiden Jokowi kembali marah soal leletnya dwelling time Pelabuhan Tanjung Priok. Reshuffle jilid II tinggal menunggu waktu.

Senin 07 Maret 2016 | 20:45 WIB
MEMUJA ASING

Investor asing dipersilakan masuk untuk menggarap berbagai sektor usaha di Indonesia. Pengusaha lokal bisa tersingkir.