Minggu, 19 Mei 2019 | Jakarta, Indonesia

Surat Pembaca Edisi 06-V

Indah Zayyinah, Ahmad Farhan, Salman

Senin, 21 September 2015 - 00:00 WIB

Ilustrasi (Istimewa)
Ilustrasi (Istimewa)
A A A

Duka buat Jemaah Haji Korban Crane

Saya turut berduka cita atas kecelakaan robohnya crane yang menimpa para jemaah haji di Arab Saudi. Khususnya bagi para jemaah haji asal Indonesia.

Kecelakaan itu harus menjadi pelajaran berharga bagi pemerintah Arab Saudi, agar ke depan lebih peduli dengan keselamatan seluruh jemaah haji yang sedang melakukan ibadah. Mereka harusnya paham bahwa kelancaran ibadah para jemaah menjadi fokus utama.

Sementara untuk Kementerian Agama, saya berharap agar memberi peringatan kepada pemerintah Arab Saudi agar kejadian serupa tak berulang di masa mendatang. Indonesia berhak melakukan protes, mengingat banyaknya jemaah haji kita yang setiap tahun datang ke Mekah.

Pihak Kementerian Agama juga harus mengawal bantuan bagi para korban, seperti yang disampaikan pemerintah Arab Saudi. Jangan sampai dana itu hanya pemanis bibir atau justru diselewengkan oknum tertentu di negeri ini.

Semoga amal ibadah jemaah yang meninggal dunia diterima Allah SWT. Dan semoga keluarga yang ditinggalkan mendapat kekuatan dan tetap tabah. Amin YRA.

Indah Zayyinah

Gresik, Jawa Timur

Perhatikan Curhat Sri Mulyani

Ibu Sri Mulyani Indrawati, Direktur Pelaksana Bank Dunia, baru saja curhat soal pengalamannya mendapat tekanan terkait penetapan anggaran, saat masih menjabat menteri di era kepemimpinan Presiden SBY.

Menurutnya, tak mudah menjadi menteri di negeri ini. Banyak tekanan dari beberapa elite dan kelompok kepentingan tertentu terkait persoalan anggaran. Hal itulah yang salah satunya, membuatnya mundur dari posisi menteri keuangan dan kemudian lebih memilih menerima tawaran Bank Dunia.

Pernyataan Ibu Sri Mulyani ini, tampaknya masih relevan hingga pemerintahan Presiden Jokowi saat ini. Masih saja ada elite birokrat dan kelompok-kelompok kepentingan di belakangnya yang mencoba mengeruk keuntungan pribadi dengan mengatasnamakan kebijakan untuk rakyat.

Apa yang disampaikan Ibu Sri Mulyani harusnya menjadi perhatian Presiden Jokowi yang sejak awal memimpin sudah menyatakan bakal membabat habis mafia seperti itu. Apalagi presiden sudah mencanangkan ‘Revolusi Mental’ untuk seluruh bangsa ini.

Menjadi janggal jika ternyata Revolusi Mental ternyata tak berlaku buat para elite tertentu. Padahal mereka justru seharusnya menjadi tauladan buat seluruh rakyat.

Semoga Presiden Jokowi segera melakukan pembenahan di jajaran elite birokrat yang masih berani menggerogoti anggaran negara demi kepentingan pribadi dan kelompok. Salut buat Ibu Sri Mulyani.

Ahmad Farhan

Apartemen Kalibata, Jakarta Selatan

Safari Jokowi ke Tanah Arab

Presiden Jokowi baru saja melakukan lawatan ke tiga negara di kawasan Timur Tengah. Yakni Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Qatar. Tujuannya, mencari investasi dari para saudagar Arab agar berinvestasi di Tanah Air.

Itikad baik presiden itu harus didukung. Segala upaya untuk menggenjot masuknya investasi ke Indonesia tetaplah harus diapresiasi. Maklum saja, masih ada pengamat yang menilai langkah Jokowi ke Timur Tengah sebagai upaya mencari sedekah ketika kondisi ekonomi di Tanah Air di ambang krisis.

Namun yang terpenting, setelah safari tersebut, haruslah ada pihak yang memperjuangkan untuk merealisasi hingga investasi yang telah dilobi presiden bisa benar-benar masuk.

Semoga saja ikhtiar Presiden Jokowi bakal segera kita rasakan manfaatnya. Semoga saja bakal segera terealisasi investasi dari Timur Tengah dalam bentuk proyek yang bisa menyerap jutaan tenaga kerja.

Salman

Ciledug, Tangerang

Tag

  1. mailbox

COMMENTS

OTHER NEWS

Business 17/05/2019 15:30 WIB

Inalum Incar Kerja Sama Dengan Huayou

PT Inalum menjajaki kemungkinan kerja sama dengan Zhejiang Huayou Cobalt Company Ltd., produsen terbesar di dunia untuk material baterai yang digunakan untuk kendaraan listrik.

Money 17/05/2019 14:38 WIB

BI dan KSEI Teken Perjanjian Penyelesaian Transaksi SBK

SBK (dahulu disebut Commercial Paper) adalah sumber pendanaan jangka pendek non perbankan.

Business 17/05/2019 13:58 WIB

Utang Luar Negeri Triwulan I 2019 Tumbuh 7,9%

ULN Indonesia pada akhir triwulan I 2019 tercatat sebesar 387,6 miliar dolar AS yang terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar 190,5 miliar dolar AS, serta utang swasta (termasuk BUMN) sebesar…

Business 17/05/2019 12:48 WIB

Penyesuaian TBA Tiket Pesawat Berlaku Mulai Sabtu Besok

Penurunan Tarif Batas Atas (TBA) sebanyak 12 – 16 persen, sudah memperhatikan faktor-faktor substansial seperti keselamatan dan keamanan.

Business 17/05/2019 11:45 WIB

Menteri Jonan Bahas Blok Masela dengan Inpex

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Iganius Jonan kembali bertemu dengan CEO Inpex Corporation Takayuki Ueda di Tokyo, Kamis (16/5).

Business 17/05/2019 11:15 WIB

Inalum Jajaki Peluang Kerja Sama dengan Industri Logam di China

Menteri BUMN Rini M. Soemarno melakukan kunjungan singkat tiga hari ke China untuk bertemu dengan sejumlah CEO industri logam China guna mempercepat hilirisasi industri tambang.

Business 17/05/2019 10:45 WIB

Pasokan BBM Jalur Mudik Lintas Jawa Dipastikan Aman

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Badan Penyalur Hilir Minyak dan Gas Bumi dan PT Pertamina (Persero) melakukan pemantauan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk mendukung…

Business 17/05/2019 10:15 WIB

Kinerja APBN Hingga April Masih Aman

Di tengah prospek pertumbuhan ekonomi global yang melemah, kebijakan countercyclical yang diambil Pemerintah dalam pengelolaan fiskal mampu menjaga momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan capaian…

Business 17/05/2019 09:45 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Tersendat

Gejolak ekonomi global belakangan ini diprediksi bakal memukul banyak negara. Pertumbuhan ekonomi yang diharapkan lebih baik kemungkinan akan tersendat.

Business 17/05/2019 09:15 WIB

Kemenperin Bidik Investasi Elektronika Rp1,3 Triliun

Kementerian Perindustrian terus membidik investasi di sektor industri elektronika dan telematika.