Selasa, 23 Juli 2019 | Jakarta, Indonesia

Surat Pembaca Edisi 13-V

Fredi Fajar Sugara, Teguh P., Radovan Chaniago

Senin, 16 November 2015 - 22:06 WIB

Illustrasi
Illustrasi
A A A

Batasi Batik Impor Masuk Indonesia

Beberapa waktu lalu, saya dan keluarga ingin belanja batik untuk acara pernikahan salah satu keluarga kami. Karena memerlukan baju batik dalam jumlah banyak, kami memilih untuk belanja ke Pasar Tanah Abang, Jakarta. Selain banyak pilihan, menurut informasi tetangga harga batik di pasar grosir terbesar di Asia Tenggara ini terbilang lebih murah dibanding tempat lain di Jakarta.

Ketika memasuki sebuah toko, seorang pegawai toko menawarkan baju batik berbagai corak dan ukuran. Saya begitu tercengang karena sang pegawai mengatakan hampir semua batik yang ada di toko miliknya adalah batik impor dari China.  Siapapun anak bangsa ini pasti mengerutkan kening. Betapa tidak, ternyata keberadaan batik tulis Indonesia sudah terancam dengan banyaknya batik impor asal China yang masuk ke sini.  

Bayangkan saja,hampir  60% batik yang dijual di Pasar Tanah Abang adalah batik impor. Hal ini yang membuat terjadi persaingan tidak sehat karena batik impor dijual dengan harga yang sangat murah karena cara pembuatannya pun mudah, yakni dicetak.

Pemerintah mestinya membuat regulasi guna membatasi serta menjaga  batik tulis Indonesia agar bisa bertahan dari serbuan batik cetak China yang begitu dahsyat. Karena dengan harga yang murah meriah, batik-batik China cepat menguasai pasar, apalagi sebagian mereka memakai motif-motif Indonesia. Dari segi kualitas, jelas batik tulis lebih bagus ketimbang batik cetak asal China.

Bagi masyarakat Indonesia, sebaiknya kita lebih mengedepankan kualitas daripada harga. Belilah batik buatan Indonesia, meskipun harganya sedikit mahal,  tapi kualitasnya bagus. Mari kita lestarikan produk batik tulis kebanggaan bangsa dan membendung gempuran batik-batik impor murah tersebut.

Fredi Fajar Sugara

Jln. Cibubur II No. 7 Blok Duku, Cibubur – Ciracas, Jakarta Timur

Menanti Transportasi yang Bersahabat

Kebutuhan akan transportasi yang murah dan nyaman pasti menjadi idaman masyarakat, khususnya kaum hawa di Jakarta. Saya rasa, hal ini sudah menjadi kebutuhan yang sangat pokok bagi masyarakat.

Selama ini, transportasi di Jakarta kurang bersahabat. Supir angkutan umum di Jakarta selalu ugal-ugalan dalam mengemudi tanpa mempedulikan rasa keamanan bagi penumpangnya. Belum lagi, di dalam angkutan umum, kerap terjadi tindak kejahatan. Penumpang pun selalu masuk berjejal, memenuhi angkutan umum tanpa menyisakan ruang. 

Transportasi Trans Jakarta yang sebelumnya digadang-gadang sebagai primadona angkutan umum dan solusi mengatasi kemacetan, ternyata juga jauh dari nyaman dan aman. Penumpang selalu berjejal, baik saat menunggu di shelter bus hingga masuk ke dalam bus. Selain itu, banyak bus yang terbakar dan kecelakaan serta beberapa kali terjadi tindakan kejahatan. Jangan heran, bila banyak yang beralih menggunakan mobil pribadi. Jalanan pun semakin parah kemacetannya.

Tantangan yang sangat serius bagi pemerintah untuk membuat transportasi yang nyaman, aman dan murah untuk masyarakat di Jakarta khususnya,  harus ditingkatkan dengan kemanan yang baik untuk para pengguna guna mengurangi kemacetan yang semakin hari semakin parah. Semoga MRT yanga tengah dibangun ini menjadi solusi yang sesungguhnya.

Teguh P.

Srengseng Sawah, Meruya, Jakarta Barat

Meminta KPK  Lebih Berani

Sudah banyak pejabat hingga menteri ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),  termasuk beberapa pengusaha.

 Kita memberi apresiasi kepada keberanian KPK. Tentu ini langkah maju karena publik meyakini korupsi kelas berat justru ada di eksekutif, karena mereka lah kuasa pengguna anggaran.

Masih banyak kasus yang belum ditangani secara memuaskan. BLBI, Century, dan banyak kasus lain membutuhkan keberanian lebih dari KPK. Karena ini menyangkut eksekutif top level yang tentu saja memiliki power yang lebih hebat. Beranikah KPK masuk ke inti utama lingkaran kekuasaan?

Saya sebagai anggota masyarakat tentu ingin KPK lebih berani. KPK harus mengambil tanggung jawab atas ekspektasi publik terhadap lembaga ini. Ada banyak kejahatan korupsi yang tak tersentuh, dan keberanian KPK melakukannya sangat diharapkan. Maju terus KPK.

Radovan Chaniago

Cipondoh, Tangerang

Tag

  1. mailbox

COMMENTS

OTHER NEWS

Global 41 menit yang lalu

Langgar Data Penduduk, Equifax Didenda USD700 Juta

Di Amerika Serikat, lembaga kredit Equifax harus membayar sedikitnya USD650 juta hingga USD700 juta karena mengekspose data kependudukan dari 148 juta orang.

Business 1 jam yang lalu

Bappebti Hentikan Seminar Ilegal di Jogja

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan didampingi Korwas Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Polda Yogyakarta menghentikan acara seminar yang tidak memiliki…

Business 1 jam yang lalu

Ekspor TPT Tahun Ini Ditargetkan USD15 Miliar

Sepanjang tahun ini, Kementerian Perindustrian menargetkan nilai ekspor dari industri tekstil dan produk tekstil (TPT) dapat  menembus USD15 Miliar

Business 16 jam yang lalu

Kemenperin Usulkan Empat Strategi untuk TPT

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengusulkan empat strategi untuk memacu industri tekstil dan produk tekstil (TPT).

Business 17 jam yang lalu

Stainless Steel Indonesia Kena Bea Anti Dumping di China

China akan mengenakan bea impor baru bagi berbagai produk stainless steel dari Uni Eropa, Jepang, Korea Selatan, dan Indonesia. Hal ini diumumkan oleh Kementerian Perdagangan China sebagai tanggapan atas…

Business 17 jam yang lalu

Kontrak Kerja Sama WK Corridor Diperpanjang

Kontrak Bagi Hasil WK Corridor akan berlaku untuk 20 tahun, efektif sejak tanggal 20 Desember 2023 dan menggunakan skema Gross Split.

Business 20 jam yang lalu

Pertamina Libatkan Tim Asal AS Tangani Kebocoran Sumur Migas

Pertamina melibatkan berbagai pihak yang kredibel, kompeten dan berpengalaman dalam menangani munculnya gelembung gas di sumur migas lepas Pantai YYA-1 area Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java…

Business 20 jam yang lalu

Pemerintah Akan Lelang 7 Ruas Jalan Tol Senilai Rp151,13 Triliun

Kementerian PUPR akan melanjutkan pembangunan jalan tol dengan mendorong pendanaan dari investasi sektor swasta melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Pembangunan jalan tol diperlukan…

Business 24 jam yang lalu

Pegatron Mulai Operasikan Pabriknya di Batam

Pegatron telah menambah investasi sebesar USD40 juta untuk membangun pabrik di Batam.

Business 24 jam yang lalu

Runway 3 Bandara Soetta Siap Beroperasi Pertengahan Agustus

Secara teknis Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) siap beroperasi pada pertengahan Agustus 2019.