Selasa, 23 Juli 2019 | Jakarta, Indonesia

Surat Pembaca Edisi 20-V

Basuki, Soleh, Jhony

Selasa, 19 Januari 2016 - 00:30 WIB

Illustrasi
Illustrasi
A A A

KRL Commuter Line Tanpa AC

Sebagai  warga Tangerang  Selatan  yang bekerja  di bilangan Tanah Abang, Jakarta Pusat, saya mengandalkan KRL Commuter Line untuk  transportasi sehari-hari.  Sejauh ini, KRL sejatinya sudah sangat membantu. Pasalnya, lokasi stasiun yang sangat mudah dijangkau dari rumah dan bebas hambatan  serta kemacetan.

Namun, sudah beberapa bulan terakhir ini saya merasakan sesuatu hal yang sangat tidak nyaman ketika menumpang KRL.  Jika hanya persoalan berdesak-desakan saja, saya bisa menerima sepenuhnya karena memang warga yang mengandalkan KRL memang sangat banyak. Di samping memang KRL merupakan sarana angkut massal.

Namun persoalan ketidaknyamanan muncul karena selain harus berdesak-desakan di dalam KRL dengan kondisi pintu dan jendela tertutup rapat, nyatanya acap kali pendingin ruangan pun tidak berfungsi. Hal itulah yang menjadi bentuk siksaan bagi pengguna KRL.

Dalam kondisi tersebut, sudah pasti udara di dalam gerbong menjadi pengab dan sangat panas. Kalaupun ada angin yang keluar dari lubang AC, tak lain adalah udara panas. Akibatnya, seringkali saya dan penumpang lain jadi gelagapan karena kekurangan oksigen.

Persoalan menjadi kian serius saat ada bayi atau balita yang ikut naik dalam KRL. Acapkali mereka jadi menangis tiada henti sepanjang perjalanan. Harapannya, pihak PT KAI bisa selekasnya melakukan pengecekan terhadap kondisi ini. Apakah AC tersebut memang sudah tua umurnya, atau semua ini akibat ulah korup segelintir pejabat?

Basuki

Bumi Serpong Damai

Proyek Kapal Nelayan Menteri Susi

Pada pertengahan 2015, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengumumkan proyek bagi-bagi kapal kepada para nelayan miskin di seluruh Indonesia. Rencananya, di awal 2016, sebanyak 5.000 kapal dengan bobot antara 10-30 gross tonase akan mulai dibangun.  Untuk mengadakan kapal ikan sebanyak itu, para pemilik galangan kapal yang tersebar di Tanah Air akan dilibatkan.

Kabarnya, untuk menyukseskan proyek bagi-bagi kapal ini, Kementerian Kelautan menganggarkan dana hingga ratusan miliar rupiah. PT PAL Indonesia pun telah ditunjuk sebagai pelaksana proyek besar-besaran ini.  BUMN ini yang akan menyeleksi galangan-galangan kapal  mana yang layak untuk turut serta membangun kapal nelayan.

Sayangnya, hingga hari ini, informasi tentang proyek itu seolah tidak terdengar lagi. Baik Menteri Susi maupun PT PAL tidak lagi membuat pengumuman lanjutan tentang perkembangan proyek itu.  Menilik besarnya dana yang akan dipakai, semestinyalah pihak PT PAL melakukan tender proyek secara terbuka. Namun, tidak ada satupun media yang pernah mengumumkan tentang adanya lelang tender dimaksud.

Sebagai seorang nelayan yang menggeluti usaha di bidang pembuatan kapal ikan, kami tentunya berharap agar proses pendanaan proyek berlangsung secara terbuka dan transparan.  Dengan begitu, semua pihak memiliki kesempatan yang sama untuk mengikutinya.

Soleh

Bekasi Timur

Gafatar Permainan Intelijen?

Gafatar atau Gerakan Fajar  Nusantara benar-benar fenomenal.  Betapa tidak.  Belum hilang rasa kaget publik oleh hilangnya ibu rumah tangga berstatus dokter dan sang buah hatinya yang masih batita,  serentetan kabar menghilangnya warga masyarakat kembali meramaikan media massa nasional.

Drama Gafatar terus menegang ketika didapati informasi tentang keterlibatan orang-orang ternama dan mantan pejabat, di antaranya Bibit Samad Waluyo dan artis Ray Sahetapi.  Meski para pesohor ini telah mengundurkan dengan alasan masing-masing, saat masih aktif tercatat posisi mereka di organisasi Gafatar sangatlah strategis dan penting.

Sepertinya masyarakat masih diliputi kebingungan akibat kesimpangsiuran informasi tentang organisasi ini. Faktanya, Gafatar adalah ormas yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan.

Membersihkan sampah adalah kegiatan Gafatar yang paling banyak diekspos. Sama sekali tidak ada foto atau temuan fakta yang bisa disimpulkan bahwa Gafatar melakukan kegiatan keagamaan yang bersifat sesat.

Sejujurnya, saya mulai curiga, jangan-jangan Gafatar ini tak lebih dan tak kurang, hanyalah sebuah model permainan intelijen yang belum diketahui tujuannya. Jika benar, sungguh sulit diterima akal sehat jika di tengah kesulitan hidup dan kemiskinan, ada aktivitas semacam ini.

Jhony

Pasar Minggu  Raya  

Tag

  1. mailbox

COMMENTS

OTHER NEWS

Global 16 menit yang lalu

Langgar Data Penduduk, Equifax Didenda USD700 Juta

Di Amerika Serikat, lembaga kredit Equifax harus membayar sedikitnya USD650 juta hingga USD700 juta karena mengekspose data kependudukan dari 148 juta orang.

Business 47 menit yang lalu

Bappebti Hentikan Seminar Ilegal di Jogja

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan didampingi Korwas Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Polda Yogyakarta menghentikan acara seminar yang tidak memiliki…

Business 59 menit yang lalu

Ekspor TPT Tahun Ini Ditargetkan USD15 Miliar

Sepanjang tahun ini, Kementerian Perindustrian menargetkan nilai ekspor dari industri tekstil dan produk tekstil (TPT) dapat  menembus USD15 Miliar

Business 15 jam yang lalu

Kemenperin Usulkan Empat Strategi untuk TPT

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengusulkan empat strategi untuk memacu industri tekstil dan produk tekstil (TPT).

Business 17 jam yang lalu

Stainless Steel Indonesia Kena Bea Anti Dumping di China

China akan mengenakan bea impor baru bagi berbagai produk stainless steel dari Uni Eropa, Jepang, Korea Selatan, dan Indonesia. Hal ini diumumkan oleh Kementerian Perdagangan China sebagai tanggapan atas…

Business 17 jam yang lalu

Kontrak Kerja Sama WK Corridor Diperpanjang

Kontrak Bagi Hasil WK Corridor akan berlaku untuk 20 tahun, efektif sejak tanggal 20 Desember 2023 dan menggunakan skema Gross Split.

Business 19 jam yang lalu

Pertamina Libatkan Tim Asal AS Tangani Kebocoran Sumur Migas

Pertamina melibatkan berbagai pihak yang kredibel, kompeten dan berpengalaman dalam menangani munculnya gelembung gas di sumur migas lepas Pantai YYA-1 area Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java…

Business 20 jam yang lalu

Pemerintah Akan Lelang 7 Ruas Jalan Tol Senilai Rp151,13 Triliun

Kementerian PUPR akan melanjutkan pembangunan jalan tol dengan mendorong pendanaan dari investasi sektor swasta melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Pembangunan jalan tol diperlukan…

Business 23 jam yang lalu

Pegatron Mulai Operasikan Pabriknya di Batam

Pegatron telah menambah investasi sebesar USD40 juta untuk membangun pabrik di Batam.

Business 24 jam yang lalu

Runway 3 Bandara Soetta Siap Beroperasi Pertengahan Agustus

Secara teknis Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) siap beroperasi pada pertengahan Agustus 2019.