Minggu, 19 Mei 2019 | Jakarta, Indonesia

Surat Pembaca Edisi 20-V

Basuki, Soleh, Jhony

Selasa, 19 Januari 2016 - 00:30 WIB

Illustrasi
Illustrasi
A A A

KRL Commuter Line Tanpa AC

Sebagai  warga Tangerang  Selatan  yang bekerja  di bilangan Tanah Abang, Jakarta Pusat, saya mengandalkan KRL Commuter Line untuk  transportasi sehari-hari.  Sejauh ini, KRL sejatinya sudah sangat membantu. Pasalnya, lokasi stasiun yang sangat mudah dijangkau dari rumah dan bebas hambatan  serta kemacetan.

Namun, sudah beberapa bulan terakhir ini saya merasakan sesuatu hal yang sangat tidak nyaman ketika menumpang KRL.  Jika hanya persoalan berdesak-desakan saja, saya bisa menerima sepenuhnya karena memang warga yang mengandalkan KRL memang sangat banyak. Di samping memang KRL merupakan sarana angkut massal.

Namun persoalan ketidaknyamanan muncul karena selain harus berdesak-desakan di dalam KRL dengan kondisi pintu dan jendela tertutup rapat, nyatanya acap kali pendingin ruangan pun tidak berfungsi. Hal itulah yang menjadi bentuk siksaan bagi pengguna KRL.

Dalam kondisi tersebut, sudah pasti udara di dalam gerbong menjadi pengab dan sangat panas. Kalaupun ada angin yang keluar dari lubang AC, tak lain adalah udara panas. Akibatnya, seringkali saya dan penumpang lain jadi gelagapan karena kekurangan oksigen.

Persoalan menjadi kian serius saat ada bayi atau balita yang ikut naik dalam KRL. Acapkali mereka jadi menangis tiada henti sepanjang perjalanan. Harapannya, pihak PT KAI bisa selekasnya melakukan pengecekan terhadap kondisi ini. Apakah AC tersebut memang sudah tua umurnya, atau semua ini akibat ulah korup segelintir pejabat?

Basuki

Bumi Serpong Damai

Proyek Kapal Nelayan Menteri Susi

Pada pertengahan 2015, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengumumkan proyek bagi-bagi kapal kepada para nelayan miskin di seluruh Indonesia. Rencananya, di awal 2016, sebanyak 5.000 kapal dengan bobot antara 10-30 gross tonase akan mulai dibangun.  Untuk mengadakan kapal ikan sebanyak itu, para pemilik galangan kapal yang tersebar di Tanah Air akan dilibatkan.

Kabarnya, untuk menyukseskan proyek bagi-bagi kapal ini, Kementerian Kelautan menganggarkan dana hingga ratusan miliar rupiah. PT PAL Indonesia pun telah ditunjuk sebagai pelaksana proyek besar-besaran ini.  BUMN ini yang akan menyeleksi galangan-galangan kapal  mana yang layak untuk turut serta membangun kapal nelayan.

Sayangnya, hingga hari ini, informasi tentang proyek itu seolah tidak terdengar lagi. Baik Menteri Susi maupun PT PAL tidak lagi membuat pengumuman lanjutan tentang perkembangan proyek itu.  Menilik besarnya dana yang akan dipakai, semestinyalah pihak PT PAL melakukan tender proyek secara terbuka. Namun, tidak ada satupun media yang pernah mengumumkan tentang adanya lelang tender dimaksud.

Sebagai seorang nelayan yang menggeluti usaha di bidang pembuatan kapal ikan, kami tentunya berharap agar proses pendanaan proyek berlangsung secara terbuka dan transparan.  Dengan begitu, semua pihak memiliki kesempatan yang sama untuk mengikutinya.

Soleh

Bekasi Timur

Gafatar Permainan Intelijen?

Gafatar atau Gerakan Fajar  Nusantara benar-benar fenomenal.  Betapa tidak.  Belum hilang rasa kaget publik oleh hilangnya ibu rumah tangga berstatus dokter dan sang buah hatinya yang masih batita,  serentetan kabar menghilangnya warga masyarakat kembali meramaikan media massa nasional.

Drama Gafatar terus menegang ketika didapati informasi tentang keterlibatan orang-orang ternama dan mantan pejabat, di antaranya Bibit Samad Waluyo dan artis Ray Sahetapi.  Meski para pesohor ini telah mengundurkan dengan alasan masing-masing, saat masih aktif tercatat posisi mereka di organisasi Gafatar sangatlah strategis dan penting.

Sepertinya masyarakat masih diliputi kebingungan akibat kesimpangsiuran informasi tentang organisasi ini. Faktanya, Gafatar adalah ormas yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan.

Membersihkan sampah adalah kegiatan Gafatar yang paling banyak diekspos. Sama sekali tidak ada foto atau temuan fakta yang bisa disimpulkan bahwa Gafatar melakukan kegiatan keagamaan yang bersifat sesat.

Sejujurnya, saya mulai curiga, jangan-jangan Gafatar ini tak lebih dan tak kurang, hanyalah sebuah model permainan intelijen yang belum diketahui tujuannya. Jika benar, sungguh sulit diterima akal sehat jika di tengah kesulitan hidup dan kemiskinan, ada aktivitas semacam ini.

Jhony

Pasar Minggu  Raya  

Tag

  1. mailbox

COMMENTS

OTHER NEWS

Business 17/05/2019 15:30 WIB

Inalum Incar Kerja Sama Dengan Huayou

PT Inalum menjajaki kemungkinan kerja sama dengan Zhejiang Huayou Cobalt Company Ltd., produsen terbesar di dunia untuk material baterai yang digunakan untuk kendaraan listrik.

Money 17/05/2019 14:38 WIB

BI dan KSEI Teken Perjanjian Penyelesaian Transaksi SBK

SBK (dahulu disebut Commercial Paper) adalah sumber pendanaan jangka pendek non perbankan.

Business 17/05/2019 13:58 WIB

Utang Luar Negeri Triwulan I 2019 Tumbuh 7,9%

ULN Indonesia pada akhir triwulan I 2019 tercatat sebesar 387,6 miliar dolar AS yang terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar 190,5 miliar dolar AS, serta utang swasta (termasuk BUMN) sebesar…

Business 17/05/2019 12:48 WIB

Penyesuaian TBA Tiket Pesawat Berlaku Mulai Sabtu Besok

Penurunan Tarif Batas Atas (TBA) sebanyak 12 – 16 persen, sudah memperhatikan faktor-faktor substansial seperti keselamatan dan keamanan.

Business 17/05/2019 11:45 WIB

Menteri Jonan Bahas Blok Masela dengan Inpex

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Iganius Jonan kembali bertemu dengan CEO Inpex Corporation Takayuki Ueda di Tokyo, Kamis (16/5).

Business 17/05/2019 11:15 WIB

Inalum Jajaki Peluang Kerja Sama dengan Industri Logam di China

Menteri BUMN Rini M. Soemarno melakukan kunjungan singkat tiga hari ke China untuk bertemu dengan sejumlah CEO industri logam China guna mempercepat hilirisasi industri tambang.

Business 17/05/2019 10:45 WIB

Pasokan BBM Jalur Mudik Lintas Jawa Dipastikan Aman

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Badan Penyalur Hilir Minyak dan Gas Bumi dan PT Pertamina (Persero) melakukan pemantauan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk mendukung…

Business 17/05/2019 10:15 WIB

Kinerja APBN Hingga April Masih Aman

Di tengah prospek pertumbuhan ekonomi global yang melemah, kebijakan countercyclical yang diambil Pemerintah dalam pengelolaan fiskal mampu menjaga momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan capaian…

Business 17/05/2019 09:45 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Tersendat

Gejolak ekonomi global belakangan ini diprediksi bakal memukul banyak negara. Pertumbuhan ekonomi yang diharapkan lebih baik kemungkinan akan tersendat.

Business 17/05/2019 09:15 WIB

Kemenperin Bidik Investasi Elektronika Rp1,3 Triliun

Kementerian Perindustrian terus membidik investasi di sektor industri elektronika dan telematika.