Selasa, 23 Juli 2019 | Jakarta, Indonesia

Surat Pembaca Edisi 22-V

Taufan, H. Soleh, Toni

Kamis, 04 Februari 2016 - 09:55 WIB

Illustrasi
Illustrasi
A A A

Mengapa Memusuhi PKL?

Sampai hari ini, jujur, saya sangat tidak memahami sikap Pemerintah Provinsi DKI yang sangat memusuhi eksistensi pedagang kaki lima (PKL). Dari sekitar lima program utama institusi ini, program tertib PKL termasuk salah satu di antaranya.

Wujud dari program tertib kaki lima ini sungguh mengerikan. Melalui aparat Satpol PP, para PKL ini benar-benar dikuras habis modalnya. Modusnya dengan cara dibiarkan berdagang di tempat-tempat terlarang, kemudian dirampas seluruh barang dagangan, termasuk gerobak dan perlengkapan jualan lainnya.

Modus ini sangat nyata dilakukan Pemprov DKI di lingkungan  Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Petugas  sebenarnya bisa bertindak preventif dengan mencegah orang berdagang secara liar di kawasan ini. Namun, hal itu tidak dilakukan.

Pedagang itu justru dibiarkan bebas berjualan. Setelah beberapa hari, barulah petugas beraksi melakukan razia. Ini seperti permainan menguras modal PKL. 

Jika mereka membeli lagi gerobak baru dan berdagang lagi, petugas satpol PP akan terus menangkapnya. Terus dan terus, mungkin sampai modal mereka ludes.

Taufan

Pondok Indah -  Jakarta Selatan

Langkah Jitu Menteri Susi

Langkah pucuk pimpinan di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti, kembali menarik perhatian masyarakat. Setelah membuat heboh dengan langkah penenggelaman kapal-kapal asing pencuri ikan, kini dia mencanangkan proyek bagi-bagi kapal gratis kepada ribuan koperasi nelayan yang tersebar di seluruh Tanah Air.

Menurut rencana, pada 2016 saja akan dibangun sebanyak 4.000 unit kapal ikan dengan bobot antara 10 gross ton hingga 30 gross ton. Kapal jenis ini akan sangat efektif bila dipakai untuk mencari ikan yang tidak terlalu jauh ke tengah samudra. Dengan begitu, biaya produksi untuk penangkapan ikan tidak akan terlalu besar bagi para nelayan.

Program pembangunan kapal nelayan ini juga ibarat angin segar bagi industri galangan kapal yang tersebar di seluruh Tanah Air. Industri pembangunan kapal akan semakin bergairah karena mendapatkan pasokan dana segar dari proyek yang dikembangkan oleh KKP. 

Langkah Menteri Susi ini benar-benar sesuai ungkapan ‘sekali mendayung dua-tiga pulau terlewati’. Nelayan mendapatkan kapal gratis untuk mencari nafkah. Pada saat bersamaan, industri kapal ikan juga mendapatkan angin segar.

H. Soleh

Depok

Kasus Kopi Beracun

Merebaknya kasus pembunuhan dengan modus peracunan di kafe kopi memiliki implikasi yang cukup mencemaskan bagi kalangan pelaku bisnis kedai kopi.

Bayangkan saja, di saat orang-orang tengah bersantai menikmati sajian kopi kesukaan mereka, mendadak ada yang keracunan dan langsung menyebut kopi yang dipesan sebagai penyebabnya.

Bagaimanapun, kejadian kematian seperti itu, sangat memukul imej kafe kopi. Kemungkinan besar ada nada keragu-raguan di benak sementara orang untuk membeli kopi di kedai kedai langganan mereka.  

Sikap seperti itu bisa disebut sebagai trauma kolektif.  Setidaknya mereka harus menunggu sampai perasaan trauma atas kejadian mengerikan itu hilang dari ingatan.

Tentunya, situasi akan kembali pulih jika polisi bekerja cepat menuntaskan kasus peracunan di kedai  kopi ini. Dengan terungkapnya kasus ini, publik akan kembali yakin bahwa terjadinya keracunan bukan akibat kesalahan pengelola kedai kopi, melainkan akibat dari tindak pidana pembunuhan berencana.

Toni

Kelapa Gading - Jakarta Utara

Tag

  1. mailbox

COMMENTS

OTHER NEWS

Business 33 menit yang lalu

Ekspor TPT Tahun Ini Ditargetkan USD15 Miliar

Sepanjang tahun ini, Kementerian Perindustrian menargetkan nilai ekspor dari industri tekstil dan produk tekstil (TPT) dapat  menembus USD15 Miliar

Business 15 jam yang lalu

Kemenperin Usulkan Empat Strategi untuk TPT

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengusulkan empat strategi untuk memacu industri tekstil dan produk tekstil (TPT).

Business 16 jam yang lalu

Stainless Steel Indonesia Kena Bea Anti Dumping di China

China akan mengenakan bea impor baru bagi berbagai produk stainless steel dari Uni Eropa, Jepang, Korea Selatan, dan Indonesia. Hal ini diumumkan oleh Kementerian Perdagangan China sebagai tanggapan atas…

Business 17 jam yang lalu

Kontrak Kerja Sama WK Corridor Diperpanjang

Kontrak Bagi Hasil WK Corridor akan berlaku untuk 20 tahun, efektif sejak tanggal 20 Desember 2023 dan menggunakan skema Gross Split.

Business 19 jam yang lalu

Pertamina Libatkan Tim Asal AS Tangani Kebocoran Sumur Migas

Pertamina melibatkan berbagai pihak yang kredibel, kompeten dan berpengalaman dalam menangani munculnya gelembung gas di sumur migas lepas Pantai YYA-1 area Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java…

Business 20 jam yang lalu

Pemerintah Akan Lelang 7 Ruas Jalan Tol Senilai Rp151,13 Triliun

Kementerian PUPR akan melanjutkan pembangunan jalan tol dengan mendorong pendanaan dari investasi sektor swasta melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Pembangunan jalan tol diperlukan…

Business 23 jam yang lalu

Pegatron Mulai Operasikan Pabriknya di Batam

Pegatron telah menambah investasi sebesar USD40 juta untuk membangun pabrik di Batam.

Business 24 jam yang lalu

Runway 3 Bandara Soetta Siap Beroperasi Pertengahan Agustus

Secara teknis Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) siap beroperasi pada pertengahan Agustus 2019.

Business 22/07/2019 08:18 WIB

OJK Gelar Pertemuan Bilateral dengan Bank of Thailand

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengadakan pertemuan bilateral dengan Bank of Thailand (BoT) di Bangkok, Jumat (19/7) dalam rangka penguatan kerja sama peran sektor jasa keuangan di kedua negara.

Business 21/07/2019 11:03 WIB

OJK Terus Pantau Upaya Mitigasi Bank Mandiri

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memonitor upaya mitigasi yang dilakukan oleh Bank Mandiri dalam mengatasi permasalahan teknologi informasi bank tersebut.