Minggu, 19 Mei 2019 | Jakarta, Indonesia

Surat Pembaca Edisi 25-V

Mustakin, Yatno, Dan Hani

Senin, 22 Februari 2016 - 20:07 WIB

Illustrasi
Illustrasi
A A A

 

 

Apa Kabar Swasembada Daging Sapi?

Program swasembada daging sapi sejatinya sudah dijalankan pemerintah lebih dari 10 tahun lalu. Namun sampai hari ini, nyatanya Indonesia masih bergantung pada impor sapi, terutama dari Australia dan Selandia Baru.

Angka impor sapi setiap tahunnya tidak pernah berkurang. Pada 2009, bahkan tercatat maksimal impor mencapai 50% dari kebutuhan nasional. Hal serupa juga terjadi saat akhir pemerintahan periode yang lalu.

Dengan tingginya angka impor tersebut, bagaimana sebenarnya capaian program swasembada daging sapi yang berlangsung selama itu? Ini menjadi penting untuk diketahui mengingat dana yang dihabiskan untuk mengejar swasembada daging sapi cukup besar. Diperkirakan, sejak 2005, bujet program tersebut sudah menyentuh angka Rp 18 triliun.

Namun nyatanya, dengan dana program sebesar itu, fakta yang terungkap justru kemerosotan populasi sapi di dalam negeri. Perkiraan terkini menyebutkan, populasi sapi menurun hingga 2,5 juta ekor pada kurun waktu 2011-2013. Dengan angka tersebut, artinya kita makin jauh dari swasembada daging sapi.

Mustakin

Madura, Jawa Timur

Kalijodo Riwayatmu Kini

Kawasan Kalijodo yang secara sosiologis merupakan lokasi grey area (memiliki norma abu-abu) mendadak ramai diperbincangkan. Penyebabnya tak lain karena sosok Gubenurnur DKI Basuki Tjahaya Purnama berniat menertibkan kawasan ini menjadi daerah bebas prostitusi.

Alasan rencana penertiban Kalijodo berawal dari peristiwa kecelakaan lalu lintas yang melibatkan satu unit mobil mewah jenis Toyota Fortuner dan  menewaskan 4 orang. Dua di antara korbannya adalah pengemudi dan penumpang Gojek, sedangkan dua lainnya dari penumpang Fortuner. Nah, sebelum kejadian maut, pengemudi kendaraan mewah itu sempat menenggak minuman keras di salah satu kawasan hiburan malam di Kalijodo.

Munculnya kawasan Kalijodo sebagai lokasi prostitusi, perjudian, dan tempat bersenang-senang serta menikmati minuman keras sendiri, sesungguhnya tidak serta-merta. Prosesnya sudah sangat lama, bahkan disebut-sebut kawasan ini memang sengaja dibentuk Pemerintah Kolonial Belanda sebagai lokasi sejenis.

Dengan begitu, bisa dibilang, para pelaku yang menghidupkan Kalijodo hanyalah pelengkap penderita karena mereka hanya mengikuti alur sejarah Kalijodo. Seiring berjalannya waktu, Pemerintahan RI pun selama terkesan melanggengkan eksistensi kawasan tersebut, baik disadari ataupun tidak.

Kini, Kalijodo sudah terlanjur menjadi kawasan berpenduduk dengan aneka jenis usaha, tempat hiburan, masjid, gereja, dan banyak berdiri pula lembaga pendidikan. Oleh karena itu, bersikap bijaklah dalam menangani masalahnya yang melingkupi kawasan dan para penghuni areal tersebut.

Yatno

Bekasi, Jawa Barat    

Lagi, Suap di Mahkamah Agung

Perbuatan melanggar hukum yang dilakukan pejabat tinggi Mahkamah Agung, Andri Tristianto Sutrisna yang mengkomersialkan putusan kasasi Hakim Agung Artidjo Alkotsar- MS Lumme dan Krisna Harahap, sungguh mengguncang sendi-sendi penegakan hukum di Tanah Air.

Dia menerima suap dari pengusaha bernama Ichsan Suadi yang terlibat perkara korupsi dalam proyek pembangunan dermaga Labuan Haji, Lombok Timur, Mataram. Dengan iming-iming uang, pejabat hukum ini menahan berkas putusan kasasi ketiga hakim agung tadi, agar hukuman terhadap Ichsan, tidak bisa dieksekusi.

Saya percaya, dalam melancarkan aksi suapnya, Ichsan pasti tidak bekerja sendiri. Kemungkinan melibatkan sejumlah pihak lain yang berperan sebagai kaki tangan atau broker perkara. Semoga KPK segera bertindak cepat untuk membersihkan para kaki tangan yang nyata-nyata melanggar hukum tersebut.

Sedangkan bagi sang pejabat tinggi MA, sudah seharusnya mendapatkan hukuman yang lebih berat dibanding dengan perbuatan pidana yang dilakukan oleh warga biasa. Pasalnya, perbuatan dia itu sangat melukai rasa keadilan karena yang bersangkutan seharusnya menjaga kewibawaan hukum. Bukan malah merongrongnya.

Hani

Ciputat, Tangerang Selatan

Tag

  1. mailbox

COMMENTS

OTHER NEWS

Business 17/05/2019 15:30 WIB

Inalum Incar Kerja Sama Dengan Huayou

PT Inalum menjajaki kemungkinan kerja sama dengan Zhejiang Huayou Cobalt Company Ltd., produsen terbesar di dunia untuk material baterai yang digunakan untuk kendaraan listrik.

Money 17/05/2019 14:38 WIB

BI dan KSEI Teken Perjanjian Penyelesaian Transaksi SBK

SBK (dahulu disebut Commercial Paper) adalah sumber pendanaan jangka pendek non perbankan.

Business 17/05/2019 13:58 WIB

Utang Luar Negeri Triwulan I 2019 Tumbuh 7,9%

ULN Indonesia pada akhir triwulan I 2019 tercatat sebesar 387,6 miliar dolar AS yang terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar 190,5 miliar dolar AS, serta utang swasta (termasuk BUMN) sebesar…

Business 17/05/2019 12:48 WIB

Penyesuaian TBA Tiket Pesawat Berlaku Mulai Sabtu Besok

Penurunan Tarif Batas Atas (TBA) sebanyak 12 – 16 persen, sudah memperhatikan faktor-faktor substansial seperti keselamatan dan keamanan.

Business 17/05/2019 11:45 WIB

Menteri Jonan Bahas Blok Masela dengan Inpex

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Iganius Jonan kembali bertemu dengan CEO Inpex Corporation Takayuki Ueda di Tokyo, Kamis (16/5).

Business 17/05/2019 11:15 WIB

Inalum Jajaki Peluang Kerja Sama dengan Industri Logam di China

Menteri BUMN Rini M. Soemarno melakukan kunjungan singkat tiga hari ke China untuk bertemu dengan sejumlah CEO industri logam China guna mempercepat hilirisasi industri tambang.

Business 17/05/2019 10:45 WIB

Pasokan BBM Jalur Mudik Lintas Jawa Dipastikan Aman

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Badan Penyalur Hilir Minyak dan Gas Bumi dan PT Pertamina (Persero) melakukan pemantauan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk mendukung…

Business 17/05/2019 10:15 WIB

Kinerja APBN Hingga April Masih Aman

Di tengah prospek pertumbuhan ekonomi global yang melemah, kebijakan countercyclical yang diambil Pemerintah dalam pengelolaan fiskal mampu menjaga momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan capaian…

Business 17/05/2019 09:45 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Tersendat

Gejolak ekonomi global belakangan ini diprediksi bakal memukul banyak negara. Pertumbuhan ekonomi yang diharapkan lebih baik kemungkinan akan tersendat.

Business 17/05/2019 09:15 WIB

Kemenperin Bidik Investasi Elektronika Rp1,3 Triliun

Kementerian Perindustrian terus membidik investasi di sektor industri elektronika dan telematika.