Selasa, 23 Juli 2019 | Jakarta, Indonesia

Surat Pembaca Edisi 25-V

Mustakin, Yatno, Dan Hani

Senin, 22 Februari 2016 - 20:07 WIB

Illustrasi
Illustrasi
A A A

 

 

Apa Kabar Swasembada Daging Sapi?

Program swasembada daging sapi sejatinya sudah dijalankan pemerintah lebih dari 10 tahun lalu. Namun sampai hari ini, nyatanya Indonesia masih bergantung pada impor sapi, terutama dari Australia dan Selandia Baru.

Angka impor sapi setiap tahunnya tidak pernah berkurang. Pada 2009, bahkan tercatat maksimal impor mencapai 50% dari kebutuhan nasional. Hal serupa juga terjadi saat akhir pemerintahan periode yang lalu.

Dengan tingginya angka impor tersebut, bagaimana sebenarnya capaian program swasembada daging sapi yang berlangsung selama itu? Ini menjadi penting untuk diketahui mengingat dana yang dihabiskan untuk mengejar swasembada daging sapi cukup besar. Diperkirakan, sejak 2005, bujet program tersebut sudah menyentuh angka Rp 18 triliun.

Namun nyatanya, dengan dana program sebesar itu, fakta yang terungkap justru kemerosotan populasi sapi di dalam negeri. Perkiraan terkini menyebutkan, populasi sapi menurun hingga 2,5 juta ekor pada kurun waktu 2011-2013. Dengan angka tersebut, artinya kita makin jauh dari swasembada daging sapi.

Mustakin

Madura, Jawa Timur

Kalijodo Riwayatmu Kini

Kawasan Kalijodo yang secara sosiologis merupakan lokasi grey area (memiliki norma abu-abu) mendadak ramai diperbincangkan. Penyebabnya tak lain karena sosok Gubenurnur DKI Basuki Tjahaya Purnama berniat menertibkan kawasan ini menjadi daerah bebas prostitusi.

Alasan rencana penertiban Kalijodo berawal dari peristiwa kecelakaan lalu lintas yang melibatkan satu unit mobil mewah jenis Toyota Fortuner dan  menewaskan 4 orang. Dua di antara korbannya adalah pengemudi dan penumpang Gojek, sedangkan dua lainnya dari penumpang Fortuner. Nah, sebelum kejadian maut, pengemudi kendaraan mewah itu sempat menenggak minuman keras di salah satu kawasan hiburan malam di Kalijodo.

Munculnya kawasan Kalijodo sebagai lokasi prostitusi, perjudian, dan tempat bersenang-senang serta menikmati minuman keras sendiri, sesungguhnya tidak serta-merta. Prosesnya sudah sangat lama, bahkan disebut-sebut kawasan ini memang sengaja dibentuk Pemerintah Kolonial Belanda sebagai lokasi sejenis.

Dengan begitu, bisa dibilang, para pelaku yang menghidupkan Kalijodo hanyalah pelengkap penderita karena mereka hanya mengikuti alur sejarah Kalijodo. Seiring berjalannya waktu, Pemerintahan RI pun selama terkesan melanggengkan eksistensi kawasan tersebut, baik disadari ataupun tidak.

Kini, Kalijodo sudah terlanjur menjadi kawasan berpenduduk dengan aneka jenis usaha, tempat hiburan, masjid, gereja, dan banyak berdiri pula lembaga pendidikan. Oleh karena itu, bersikap bijaklah dalam menangani masalahnya yang melingkupi kawasan dan para penghuni areal tersebut.

Yatno

Bekasi, Jawa Barat    

Lagi, Suap di Mahkamah Agung

Perbuatan melanggar hukum yang dilakukan pejabat tinggi Mahkamah Agung, Andri Tristianto Sutrisna yang mengkomersialkan putusan kasasi Hakim Agung Artidjo Alkotsar- MS Lumme dan Krisna Harahap, sungguh mengguncang sendi-sendi penegakan hukum di Tanah Air.

Dia menerima suap dari pengusaha bernama Ichsan Suadi yang terlibat perkara korupsi dalam proyek pembangunan dermaga Labuan Haji, Lombok Timur, Mataram. Dengan iming-iming uang, pejabat hukum ini menahan berkas putusan kasasi ketiga hakim agung tadi, agar hukuman terhadap Ichsan, tidak bisa dieksekusi.

Saya percaya, dalam melancarkan aksi suapnya, Ichsan pasti tidak bekerja sendiri. Kemungkinan melibatkan sejumlah pihak lain yang berperan sebagai kaki tangan atau broker perkara. Semoga KPK segera bertindak cepat untuk membersihkan para kaki tangan yang nyata-nyata melanggar hukum tersebut.

Sedangkan bagi sang pejabat tinggi MA, sudah seharusnya mendapatkan hukuman yang lebih berat dibanding dengan perbuatan pidana yang dilakukan oleh warga biasa. Pasalnya, perbuatan dia itu sangat melukai rasa keadilan karena yang bersangkutan seharusnya menjaga kewibawaan hukum. Bukan malah merongrongnya.

Hani

Ciputat, Tangerang Selatan

Tag

  1. mailbox

COMMENTS

OTHER NEWS

Global 42 menit yang lalu

Langgar Data Penduduk, Equifax Didenda USD700 Juta

Di Amerika Serikat, lembaga kredit Equifax harus membayar sedikitnya USD650 juta hingga USD700 juta karena mengekspose data kependudukan dari 148 juta orang.

Business 1 jam yang lalu

Bappebti Hentikan Seminar Ilegal di Jogja

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan didampingi Korwas Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Polda Yogyakarta menghentikan acara seminar yang tidak memiliki…

Business 1 jam yang lalu

Ekspor TPT Tahun Ini Ditargetkan USD15 Miliar

Sepanjang tahun ini, Kementerian Perindustrian menargetkan nilai ekspor dari industri tekstil dan produk tekstil (TPT) dapat  menembus USD15 Miliar

Business 16 jam yang lalu

Kemenperin Usulkan Empat Strategi untuk TPT

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengusulkan empat strategi untuk memacu industri tekstil dan produk tekstil (TPT).

Business 17 jam yang lalu

Stainless Steel Indonesia Kena Bea Anti Dumping di China

China akan mengenakan bea impor baru bagi berbagai produk stainless steel dari Uni Eropa, Jepang, Korea Selatan, dan Indonesia. Hal ini diumumkan oleh Kementerian Perdagangan China sebagai tanggapan atas…

Business 17 jam yang lalu

Kontrak Kerja Sama WK Corridor Diperpanjang

Kontrak Bagi Hasil WK Corridor akan berlaku untuk 20 tahun, efektif sejak tanggal 20 Desember 2023 dan menggunakan skema Gross Split.

Business 20 jam yang lalu

Pertamina Libatkan Tim Asal AS Tangani Kebocoran Sumur Migas

Pertamina melibatkan berbagai pihak yang kredibel, kompeten dan berpengalaman dalam menangani munculnya gelembung gas di sumur migas lepas Pantai YYA-1 area Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java…

Business 20 jam yang lalu

Pemerintah Akan Lelang 7 Ruas Jalan Tol Senilai Rp151,13 Triliun

Kementerian PUPR akan melanjutkan pembangunan jalan tol dengan mendorong pendanaan dari investasi sektor swasta melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Pembangunan jalan tol diperlukan…

Business 24 jam yang lalu

Pegatron Mulai Operasikan Pabriknya di Batam

Pegatron telah menambah investasi sebesar USD40 juta untuk membangun pabrik di Batam.

Business 24 jam yang lalu

Runway 3 Bandara Soetta Siap Beroperasi Pertengahan Agustus

Secara teknis Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) siap beroperasi pada pertengahan Agustus 2019.