Minggu, 19 Mei 2019 | Jakarta, Indonesia

Surat Pembaca Edisi 28-V

Yanto, Doni Dan Joni

Senin, 14 Maret 2016 - 19:10 WIB

Illustrasi
Illustrasi
A A A

Penanganan Kereta Api Anjlok
Berharap cepat sampai kantor, pada Kamis (10/3), saya memutuskan naik KRL Commuter.  Di luar dugaan, kali ini laju KRL tersendat-sendat karena banyaknya antrean kereta di setiap stasiun. Bayangkan saja, sebelum masuk ke sebuah stasiun, KRL harus berhenti sekitar 10-20 menit untuk menunggu kereta di depannya melaju. 
Setelah masuk stasiun, KRL kembali tertahan untuk menunggu KRL di stasiun berikutnya berangkat terlebih dulu. Ternyata biang kerok semua itu karena ada rangkaian gerbong KA Senja Utama yang anjlok di sekitar Tanah Abang.  
Peristiwa anjloknya KA tersebut terjadi sekitar pukul 04.30 WIB, namun hingga pukul 12.00 WIB KRL yang saya tumpangi masiih tertahan karena gerbong yang anjlok belum teratasi. Disergap oleh udara panas lantaran AC KRL yang tidak bekerja maksimal, saya bersama dua penumpang yang berdekatan terlibat diskusi soal fasilitas gerbong crane yang seharusnya dimiliki oleh PT KAI dengan daerah operasi Jabodetabek. 
Ternyata untuk wilayah Jabodetabek, PT KAI tidak memiliki gerbong crane yang bisa mengangkat gerbong anjlok dengan cepat. Fasilitas itu baru dimiliki PT KAI untuk wilayah Cirebon.  Alhasil, seluruh proses evakuasi gerbong anjok di ibu kota jadi terasa sangart lelet. Padahal sudah bukan rahasia bahwa angkutan KA masih menjadi pilihan lantaran angkutan lain kurang mampu mengakomodir pemenuhan kebutuhan akan ketepatan waktu, mengingat kemacetan terjadi hampir di seluruh ruas jalan di Jakarta Raya.

Yanto

Depok

Awas Politik Uang Pilkada DKI

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta mempetakan sejumlah isu krusial yang diperkirakan bakal muncul pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017. Di antaranya terkait dengan politik uang, dampak dualisme kepengurusan parpol, isu SARA, netralitas birokrasi/aparat keamanan, daftar pemilih, terorisme, dan faktor lain. Termasuk di antaranya, ancaman banjir. 
Bawaslu DKI memformulasikan berbagai isu tersebut ke dalam 8 (delapan) Potensi Kerawanan Pilkada DKI 2017. Seperti dimensi partai politik/kandidat, partisipasi masyarakat, politik uang, media massa, aparatur sipil negara, keamanan daerah dan data pemilih.  
Menurut saya, dalam Pilkada DKI 2017 politik uang dan netralitas aparat Polri, TNI, dan birokrasi adalah isu yang sangat krusial. Gelagat yang muncul, politik uang akan sangat kental dilancarkan. Bahkan, sejak dini telah terdindikasi dilakukan. 
Keputusan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama untuk menghibahkan dana ratusan miliar rupiah ke lembaga Polda Metro Jaya, termasuk membangun fasilitas parkir dengan dana nonbudgeter, ke Kodam Jaya, sebenarnya patut diwarpadai sebagai sebuah gerakan politik uang untuk memengaruhi netralitas kedua lembaga penting ini. So...hati-hati!!

Doni

Tebet

Kualitas Java Jazz Turun 
Menyaksikan pagelaran Java Jazz Festival di JE Expo Kemayoran beberapa waktu berselang, rasanya masih menyisakan perasaan galau dan kecewa.  Bagaimana tidak. Sebagai penggemar musik jazz saya sampai sekarang tak habis mengerti mengapa terkesan pihak penyelenggara acara kurang memahami perbedaan aliran musik jazz dan musi pop.
Bagi saya, pertunjukkan Java Jazz Festival yang ke-12 ini merupakan pertunjukkan campuran pop dan jazz. Menjadi kurang tepat kalau diberi tajuk Java Jazz Festival. Mengapa begitu? Ya, karena memang sebagian penyanyi yang ditampilkan, baik penyanyi asing maupun lokal, adalah pelantun lagu-lagu pop dan tidak pernah terdengar melantunkan lagu jazz sebelumnya.
Menurut saya, kualitas Java Jazz festival 2016 mengalami penurunan dibanding sebelumnya. Dugaan saya, kondisi ini berkaitan erat dengan keputusan Peter Gonta yang terlalu terburu-buru menyerahkan tampuk kekuasaan penyelenggaraan festival kepada anaknya, Dewi Gonta.  Seperti ada motivasi ingin mengkader anaknya terlalu cepat. Hanya saja, itu kurang memperhatikan kelangsungan ruh dari Java Jazz Festival yang sejatinya sudah memiliki penggemar di Tanah air.

Joni

Bintaro

Tag

  1. mailbox

COMMENTS

OTHER NEWS

Business 17/05/2019 15:30 WIB

Inalum Incar Kerja Sama Dengan Huayou

PT Inalum menjajaki kemungkinan kerja sama dengan Zhejiang Huayou Cobalt Company Ltd., produsen terbesar di dunia untuk material baterai yang digunakan untuk kendaraan listrik.

Money 17/05/2019 14:38 WIB

BI dan KSEI Teken Perjanjian Penyelesaian Transaksi SBK

SBK (dahulu disebut Commercial Paper) adalah sumber pendanaan jangka pendek non perbankan.

Business 17/05/2019 13:58 WIB

Utang Luar Negeri Triwulan I 2019 Tumbuh 7,9%

ULN Indonesia pada akhir triwulan I 2019 tercatat sebesar 387,6 miliar dolar AS yang terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar 190,5 miliar dolar AS, serta utang swasta (termasuk BUMN) sebesar…

Business 17/05/2019 12:48 WIB

Penyesuaian TBA Tiket Pesawat Berlaku Mulai Sabtu Besok

Penurunan Tarif Batas Atas (TBA) sebanyak 12 – 16 persen, sudah memperhatikan faktor-faktor substansial seperti keselamatan dan keamanan.

Business 17/05/2019 11:45 WIB

Menteri Jonan Bahas Blok Masela dengan Inpex

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Iganius Jonan kembali bertemu dengan CEO Inpex Corporation Takayuki Ueda di Tokyo, Kamis (16/5).

Business 17/05/2019 11:15 WIB

Inalum Jajaki Peluang Kerja Sama dengan Industri Logam di China

Menteri BUMN Rini M. Soemarno melakukan kunjungan singkat tiga hari ke China untuk bertemu dengan sejumlah CEO industri logam China guna mempercepat hilirisasi industri tambang.

Business 17/05/2019 10:45 WIB

Pasokan BBM Jalur Mudik Lintas Jawa Dipastikan Aman

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Badan Penyalur Hilir Minyak dan Gas Bumi dan PT Pertamina (Persero) melakukan pemantauan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk mendukung…

Business 17/05/2019 10:15 WIB

Kinerja APBN Hingga April Masih Aman

Di tengah prospek pertumbuhan ekonomi global yang melemah, kebijakan countercyclical yang diambil Pemerintah dalam pengelolaan fiskal mampu menjaga momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan capaian…

Business 17/05/2019 09:45 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Tersendat

Gejolak ekonomi global belakangan ini diprediksi bakal memukul banyak negara. Pertumbuhan ekonomi yang diharapkan lebih baik kemungkinan akan tersendat.

Business 17/05/2019 09:15 WIB

Kemenperin Bidik Investasi Elektronika Rp1,3 Triliun

Kementerian Perindustrian terus membidik investasi di sektor industri elektronika dan telematika.