Rabu, 23 Oktober 2019 | Jakarta, Indonesia

Orang Ribut-ribut, Saya Cuek

Setyo Adhi Nugroho

Senin, 11 April 2016 - 21:13 WIB

Dahlan RP
Dahlan RP
A A A

Motto hidupnya adalah living in harmony and peaceful mind. “Orang mau ribut-ribut, saya cuek saja. Mitra usaha saya banyak. Di Senayan City saja, mitra saya ada sebelas orang.

So far, kami tidak ribut-ribut,” kata Trihatma Kusuma Haliman, pemilik Agung Podomoro Group Trihatma dalam percakapan dengan Kompas.com di Central Park Jakarta, Selasa (22/3/2011) sore.
Trihatma memang identik dengan Podomoro. Trihatma adalah generasi kedua keluarga Haliman, pendiri Agung Podomoro Group. Ayahnya, Anton Haliman, mendirikan perusahaan ini tahun 1969. Proyek pertamanya adalah kompleks perumahan di kawasan Simprug, Jakarta Selatan. Selain itu, Podomoro juga menjadi pelopor pembangunan perumahan mewah di Sunter, Jakarta Utara.
Setelah Trihatma mengendalikan perusahaan ini di tahun 1986, Podomoro berkembang menjadi perusahaan pengembang terkemuka di Indonesia. Kini, sudah dan sedang dibangun 59 proyek property, mulai dari properti untuk masyarakat menengah bawah, menengah, dan menengah atas. Semua segmen pasar dimasuki Podomoro.
Lahir di Jakarta, 6 Januari 1952, Trihatma sempat mengenyam pendidikan di Jerman 1970-1973. Namun sang ayah memanggilnya pulang ke Indonesia untuk membantu mengelola perusahaan properti. “Jadilah saya lulusan universitas APG (Agung Podomoro Group),” seloroh Trihatma kepada situs yang sama. 
Seperti halnya Agung Sedayu Group, Podomoro juga mampu lolos dari krisis keuangan yang menghantam Indonesia tahun 1997-1998. Bahkan, Podomoro berani membeli lahan milik beberapa perusahaan dalam penguasaan Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), termasuk properti yang dimiliki pengembang-pengembang yang terkena dampak yang cukup berat dari krisis.
Berbagai terobosan baru terus dilakukan Podomoro. Mereka tak hanya fokus pada pembangunan perumahan mewah saja, tapi juga pembangunan apartemen mewah di tengah kota sebagai salah satu alternatif hunian masyarakat sejak tahun 2000. Hingga tahun 2012, Podomoro telah menyelesaikan 16 apartemen, 15 kawasan hunian dan 16 kawasan komersial mixed-use. 
Beberapa proyek Podomoro antara lain Bukit Mediterania Samarinda, Permata Mediterania, Gading Grande Residences, Bukit Golf Mediterania, Villa Serpong,Permata Hijau Residences, The Pakubuwono Residences, Jakarta Residences, Thamrin Residences, Mediterania Marina Residences, The Peak at Sudirman, Sudirman Park, Central Park, Kelapa Gading Square, Mangga Dua Square, Thamrin City, dan beberapa proyek-proyek mewah lainnya.
Tapi akhir Maret lalu, wajah Podomoro tercoreng. Petugas KPK menangkap karyawan PT Agung Podomoro Land Triananda Prihantoro dan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land Ariesman Widjaja ihwal dugaan suap reklamasi proyek Teluk Jakarta kepada  Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta M Sanusi.

Tag

  1. laput32

COMMENTS

OTHER NEWS

Business 29/07/2019 09:50 WIB

Ban Vulkanisir Akan Terkena Wajib SNI

Kementerian Perindustrian sedang menyusun aturan mengenai standar proses produksi yang baik atau good manufacturing practice (GMP) untuk produk ban vulkanisir.

Business 26/07/2019 09:33 WIB

Indonesia dan Uni Emirat Arab Sepakat Kembangkan Sektor Industri

Pemerintah Republik Indonesia (RI) dan Uni Emirat Arab (UEA) memperkuat kerja sama dalam upaya pengembangan sektor industri. Langkah sinergi ini diharapkan dapat menguntungkan kedua belah pihak guna mendorong…

Business 25/07/2019 16:46 WIB

Pemerintah Targetkan 293.533 Sambungan Jaringan Gas Untuk Rumah Tangga

Pemerintah targetkan 293.533 sambungan jaringan gas untuk rumah di 54 kabupaten/kota pada 2020. Pemerintah menganggarkan Rp3,2 triliun untuk mempercepat pembangunan infrastruktur jaringan distribusi gas…

Business 25/07/2019 14:29 WIB

Wapres Minta Pemda Jaga Inflasi

Ia menekankan bahwa Pemerintah bersama Bank Indonesia akan konsisten melanjutkan upaya pengendalian inflasi guna menjaga daya beli masyarakat dan mendukung keberlanjutan pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Business 25/07/2019 12:01 WIB

Pertamina Jajaki Kerja Sama Bisnis Migas dengan ADNOC

Pertamina dan The Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC) pada Rabu (24/7) menandatangani Comprehensive Strategic Framework (CSF) untuk menjajaki peluang kerja sama di seluruh mata rantai bisnis minyak…

Business 25/07/2019 11:15 WIB

Pemerintah Akan Berikan Insentif Untuk Kendaraan Listrik

Pemerintah akan memberikan sejumlah insentif kepada para pelaku industri otomotif. Salah satunya adalah menyediakan insentif fiskal untuk pengembangan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Business 25/07/2019 10:34 WIB

Pemerintah Pantau Wabah Gugur Daun Karet

Pemerintah terus memantau mengenai mewabahnya penyakit gugur daun karet yang disebabkan oleh cendawan Pestalotiopsis sp.

Global 25/07/2019 09:41 WIB

Facebook Didenda USD 5 Miliar

Facebook Inc. setuju untuk membayar denda USD5 miliar terkait pelanggaran privasi para penggunanya.

Global 25/07/2019 09:10 WIB

Alibaba Rangkul Pebisnis AS

Di tengah sengketa perdagangan yang sedang berlangsung antara Amerika Serikat dan China, Alibaba.com justru memulai program yang dapat membantu bisnis kecil dan menengah AS (UKM) menjadi besar.

Global 25/07/2019 08:55 WIB

China Arahkan Kebijakan Fiskal yang Proaktif untuk Jaga Pertumbuhan

Untuk mendorong investasi dan memacu konsumsi, Pemerintah China sepanjang tahun ini akan memangkas pajak dan mengurangi biaya-biaya sebesar 2 triliun yuan. Hingga Juni 2019, realisasinya telah mencapai…